Sistem Partisi

Cadangkan Data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Mengerti dengan sistem partisi sendiri

Gunakan disk atau lsblk untuk mengetahui sistem partisi. Setidaknya dengan ini dapat mengerti partisi mana yang akan dijadikan partisi sistem, partisi boot, partisi home dan partisi opsional.

Tipe disk MBR dan GPT

Tipe disk mbr atau yang dikenal tipe dos memiliki fitur yang tidak terlalu banyak dan sistem partisi primer juga maksimalnya 4 partisi. Sedangkan tipe disk GPT dapat membuat partisi primer tak terhingga (semampunya penyimpanan disk), memiliki dukungan partisi lebih dari 2Tib dan proses booting yang cepat.

Ciri khas MBR biasanya digunakan oleh PC/Laptop yang low-end (spesifikasi rendah) dan keluaran sebelum 2015. Sedangkan GPT sebaliknya, digunakan oleh PC/Laptop keluaran terbaru.

Kami menyarankan menggunakan tipe disk GPT agar dapat memiliki fitur lebih jika bios Anda mendukung boot mode UEFI. Dan gunakan tipe disk MBR jika biosnya hanya mendukung boot mode Legacy saja.

Mengetahui tipe disk MBR atau GPT

Boot mode UEFI diharuskan menggunakan tipe disk GPT, sedangkan boot mode legacy diharuskan menggunakan tipe disk DOS. Jika disk yang akan digunakan adalah sda maka ketik:

doas fdisk -l /dev/sda | grep type

Jika hasilnya Disklabel type: dos maka tipe disk MBR, sedangkan Disklabel type: gpt maka tipe disk GPT.

Merubah MBR ke GPT tanpa format

Terkadang disk setelah diperiksa ternyata adalah MBR (untuk boot mode legacy). Padahal saat ini boot mode yang digunakan adalah UEFI, berarti Anda sedang migrasi dari legacy ke UEFI. Maka disk perlu dikonversi dari MBR ke GPT.

Gunakan gdisk untuk konversinya. Pada contoh dibawah ini misalnya disk yang digunakan adalah sda. Dan jangan lupa untuk umount disk yang akan dikonversikan.

doas gdisk /dev/sda
  • Ketik w untuk menjadikan disk ke GPT.
  • Ketik y untuk konfirmasi proses.

Merubah GPT ke MBR tanpa format

Kami rasa sangat disayangkan bila disk dikonversi ke MBR, karena seperti mengalami penurunan fitur. Jika terpaksa konversi tetap gunakan gdisk. Pada contoh dibawah ini misalnya disk yang akan dipasang LangitKetujuh adalah sda. Jangan lupa untuk unmount disk yang akan dikonversikan.

doas gdisk /dev/sda
  • Ketik r untuk recovery dan pilihan tranformasi, enter.
  • Ketik g untuk konversi GPT ke MBR, enter.
  • Ketik w untuk write, enter.
  • Ketik Y, enter untuk menerapkan konversinya.

Pembagian partisi diawal

Pembagian partisi melalui mode pemasangan langsung juga bisa dilakukan. Tetapi agar lebih siap lagi, sebaiknya pembagian partisi dilakukan diawal sehingga lebih mudah dan cepat untuk dilakukan mount point.

Pemartisian sebaiknya menggunakan cfdisk. Pemisalan disk yang akan dipasang adalah sda maka:

doas cfdisk /dev/sda

Gunakan navigasi arah panah untuk melakukan eksekusi. Misalnya melakukan perintah new dan delete. Kemudian atur partisi yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Agar optimal penggunaan partisinya untuk instalasi satu sistem operasi sebaiknya menggunakan 3 jenis partisi, yaitu antara lain:

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS atau Ext4.

Legacy (dos/mbr)

Tipe PartisiJumlahMount Point
Vfat512M/boot
F2fs40G/
F2fs~/home

UEFI (gpt)

Tipe PartisiJumlahMount Point
Vfat512M/boot/efi
F2fs40G/
F2fs~/home

Jumlah gigabyte dari /dev/sda3 bisa ditulis dari sisa kapasitas hardisk yang ada atau disesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika sudah yakin, pilih write lalu masukkan yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.