Akun Pengguna

Akun hilang

Terkadang setelah memasang LangitKetujuh, tidak dapat login dengan pengguna yang telah dibuat. Hal ini disebabkan karena sebelumnya mengalami error ketika selesai memasang sistem operasi, lalu belum di reboot (restart). Jadi, setelah gagal memasang sistem operasi diharuskan untuk direboot.

Reboot ini bertujuan untuk menyegarkan pengaturan file sementara installer-nya. Jika mengalami kegagalan ketika memasang sistem operasi dan melanjutkan pemasangan OS, kemungkinan besar akan gagal login.

Intinya, satu kali memasang sistem operasi harus berhasil agar dapat membuat pengguna baru. Jika proses pemasangan tidak berhasil, maka harus di reboot liveusb-nya.

Jika sudah terlanjur memasang sistem operasi tetapi gagal login, maka diharuskan mengikuti panduan dibawah ini.

Masuk ke mode TTY

Pastikan masih ingat kata sandi root nya. Ini penting, karena akan masuk ke dalam pengguna root. Ketika dalam tampilan login manager masuk ke mode tty. Misalnya menggunakan TTY2 (atau bisa menggunakan TTY3 hingga TTY6).

Tekan Ctrl+Alt+F2 untuk masuk ke mode TTY2. Jika menggunakan vendor Lenovo, biasanya menambahkan tombol kombinasi Fn+ menjadi Fn+Ctrl+Alt+F2.

Username: root
Password: (kata sandi yang sudah dibuat ketika memasang os)

Pada Username: isikan root.

Password, isikan kata sandi yang telah dibuat ketika memasang sebelumnya. Ingat, mengisi sandi ini tidak ditampilkan sehingga wajar akan tampak kosong, padahal sebenarnya sudah terketik.

Jika sudah masuk root dengan TTY maka akan terlihat tanda pagar root root@host /#.

Membuat pengguna baru

Setelah berhasil masuk ke root, maka buatlah pengguna baru dengan cara:

l7-tools --user
  • User name: masukkan nama pengguna tanpa spasi, misalnya myusuf.
  • Full name: masukkan nama lengkap pengguna, misalnya Muhammad Yusuf.
  • As Administrator: jika akun baru sebagai administrator, ketik y.
  • Continue create user: ketik y untuk melanjutkan membuat akun pengguna baru.