LangitKetujuh OS

Pilihan Tepat untuk Desainer dan Pengguna Desktop. LangitKetujuh OS adalah distribusi GNU/Linux untuk desainer, ilustrator, animator, publisher, fotografer, arsitek, font kreator, sinemator, game desainer dan pengguna yang masih baru mengenal GNU/Linux. Distribusi ini berdasarkan dari Void linux yang menggunakan runit init, KDE Plasma lingkungan desktop, model pembaruan stabil rilis bergulir (rolling release) dan pustaka C yang efisien dengan musl libc.

Kami telah mengoptimasi pemilihan sistem yang lebih baik dan menyesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan yang spesifik. LangitKetujuh GNU/Linux akan membantu Anda untuk menjadi desainer yang tangguh dengan perangkat lunak terbuka.

Sebagai pengembang dan kontributor, kami mengucapkan selamat kepada Anda yang telah memilih dan menggunakan LangitKetujuh OS sebagai salah satu solusi dari aspek kebutuhan para pengguna perangkat lunak bebas.

Komunitas:

Tentang

Pada bagian ini menjelaskan alasan kami membuat distro GNU/Linux Langitketujuh ID. Mulai dari pemberian nama, basis distronya, paket manajemen yang digunakan, misi dan visi. Serta siapa saja yang dapat menggunakan distribusi LangitKetujuh.

Perkenalan

Motivasi

Amar ma’ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Menggunakan perangkat lunak yang tidak bebas yang sebagian besar mahal dan berat, alangkah baiknya niatan untuk menggunakan, membeli atau berlangganan perangkat lunak tersebut ditunda atau dibatalkan. Sebab lebih baik untuk ditabung atau disedekahkan kepada yang lebih membutuhkan. Tetapi itu kembali kepada kebutuhan pribadi masing-masing.

Sebagian besar perangkat lunak editing yang dibawa oleh Distribusi LangitKetujuh adalah 100% bebas. Sehingga Anda tidak perlu berlangganan atau membeli perangkat lunak yang tidak bebas atau yang kita kenal dengan istilah proprietary.

Nama Distribusi

Nama LangitKetujuh diambil dari peristiwa Isra’ Miraj. Perjalanan Rosulullah dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha. Mi’raj dari langit pertama sampai langit ketujuh, hingga ke Sidratul Muntaha yaitu tempat tertinggi di langit yang menjadi batas ujung pengetahuan dan amal aktifitas para makhluk.

Alasan kedua, nama LangitKetujuh ini dipilih karena jarang ada projek perangkat lunak yang menggunakan nama tempat yang islami dan istimewa. Sehingga tim pengembang (developer) bertambah yakin dengan nama "LangitKetujuh" adalah nama yang tepat dan memiliki keistimewaan. Sistem operasi ini bisa juga disebut dengan "L7" yaitu singkatan dari LangitKetujuh.

Visi dan Misi

Visi

  • Menjadi Distribusi GNU/linux yang dapat memenuhi kebutuhan generasi kreatif dengan perangkat lunak yang bebas, berkah dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Misi

  • Membangun sinergi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan islam dalam mewujudkan generasi yang berakhlaq mulia dan modern.
  • Membentuk media berbasis perangkat lunak terbuka guna melatih generasi muda dibidang industri kreatif.

Untuk siapa saja

Distribusi LangitKetujuh pada dasarnya ditujukan untuk perorangan atau lembaga yang bergerak dalam bidang desain grafis. Baik pengajar, mahasiswa, pekerja kreatif (freelancer) dan yang sedang belajar desain grafis. Meskipun demikian, LangitKetujuh OS terdapat versi lite yang dapat digunakan untuk kebutuhan umum dan tidak spesifik ke bidang desain grafis saja. Seperti programmer, akuntan, dan bahkan untuk pendidikan dasar.

KDE Plasma

Berbagai aplikasi desain kebanyakan menggunakan QT framework. Seperti krita, kdenlive, scribus, fontforge, synfigstudio, opentoonz, dan masih banyak lagi. Namun beberapa aplikasi desain gtk juga sudah dimasukkan seperti Inkscape dan GIMP. Terlebih lagi tampilan antarmuka KDE Plasma lebih familiar oleh pengguna yang baru mengenal distribusi linux.

Fitur Utama

Rilis Bergulir

Berisi perangkat lunak rilis bergulir (rolling release) dengan versi stabil terbaru. Setiap rilis terbaru tidak diharuskan untuk memasang ulang, hanya memerlukan pembaruan seperti biasanya secara otomatis menggunakan versi yang terbaru.

Musl Libc

Tersedia libc modern yang mengutamakan efisiensi sumber daya. Render audio/video dan kompil aplikasi semakin cepat. Perbedaan antara musl dan glibc bisa Anda simak di tautan ini.

Runit Init

Keamanan lebih baik. Menggunakan runit karena PID1 harus sederhana, minimalis, dan stabil. Tentunya bebas dari SystemD. Dengan runit init booting semakin cepat.

Xbps Paket Manajemen

Paket manajer yang ringan dan cepat. Serta dukungan perangkat lunak yang stabil dan terbarukan (rilis bergulir).

KDE Plasma Lingkungan Destop

Lingkungan destop yang ringan, mudah, dan handal. Didukung dengan KDE aplikasi seperti Krita, Kdenlive dan KDE Connect. KDE Plasma sangat mudah disarankan untuk pemula.

Perlengkapan perkantoran

Tersedia LibreOffice sebagai alat produktifitas yang komplit dan handal untuk kebutuhan perkantoran. LibreOffice Writer, Impress, Calc, Base, dan masih banyak lagi.

LangitKetujuh Theme

Secara bawaan tampilan tema menggunakan versi gelap agar membuat nyaman dan menyehatkan mata untuk aktifitas yang lama.

Anti Out Of Memory

Fitur ini memberikan keamanan kepada Motherboard dan Hardisk/SSD dengan menutup paksa jika ada aplikasi yang menggunakan resource yang berlebihan atau dengan batasan yang telah ditentukan.

Dukungan Vulkan

Fitur ini memberikan akselesari API grafik terbaru untuk sistem linux. Vulkan setara dengan DirextX 12 dan mampu digunakan untuk menjalankan grafis melalui wine dengan vulkan multilib.

Perlengkapan Desain (Pro)

Perangkat lunak untuk ilustrasi, animasi, digital painting, fotografi, game kreator dan bidang kreatif lainnya. Google fonts sudah masuk di dalamnya. Apa berbedaan antara lite dan pro? Anda bisa memgunjungi tautan ini.

Dukungan Instalasi (Pro)

Anda akan dibantu untuk memasang OS hingga selesai oleh tenaga ahli. Hubungi kami melalui layanan via Telegram atau surel.

Lisensi

Situs web panduan ini dan kode sumbernya berada dibawah lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0).

Maka dengan lisensi ini Anda diperbolehkan untuk:

  • Berbagi - menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
  • Adaptasi - menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.

Berdasarkan ketentuan berikut:

  • Atribusi - Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.

  • BerbagiSerupa - Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

Tidak ada pembatasan tambahan - Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.

Perbandingan

Pada bagian ini akan dijelaskan perbedaan antara edisi Lite dan Profesional. Serta perbedaan libc antara musl libc dan glibc (GNU libc).

Lite vs Profesional

Edisi Lite

Pada dasarnya Edisi Lite digunakan untuk rumahan dan tidak difokuskan ke bidang desain grafis, sehingga aplikasinya tidak banyak yang dimasukkan. Edisi Lite dapat di unduh secara gratis di halaman unduh OS.

Edisi Profesional

Sedangkan Edisi Profesional, ditujukan untuk kebutuhan lanjutan. Terdapat perangkat lunak desain grafis yang lengkap. Seperti ilustrasi, animasi 2D/3D, video & audio editing, pembuat fonta, pembuat game dan desain layout dan bidang kreatif lainnya.

Yuk dukung terus projek LangitKetujuh OS dengan menggunakan edisi profesional dan membantu kami melalui donasi agar projek ini selalu bermanfaat dan berkembang.

Tahukah Anda, bahwa Indonesia merupakan negara yang cukup tinggi atas penggunaan perangkat lunak ilegal. Jika Anda menggunakan perangkat lunak bebas seperti LangitKetujuh OS berarti Anda ikut serta dalam meningkatkan penggunaan perangkat lunak yang aman dan legal.

Tabel Perbandingan

Berikut ini daftar perbandingan fitur setiap edisi Lite dan Profesional.

FiturLitePro
Dukungan instalasi oleh tenaga ahli.-
Libreoffice paket aplikasi perkantoran.
Dukungan codec Audio dan Video.
KDE-Connect sinkron perangkat.
Deteksi Printer HP dan Epson.
V4l2loopback Virtual kamera.
PipeWire Audio Server.
Inkscape pengolah vektor.
Gimp manipulasi foto.
Audacity pengolah audio.-
Fontforge pembuat font.-
Blender animasi 2D/3D.-
Freecad 3D parametric.-
Godot pembuat game.-
LibreCAD 2D CAD.-
Scribus Publisher.-
Krita digital painting.-
Digikam manajemen foto.-
Kdenlive pengolah video.-
LMMS produksi suara efek.-
HandBrake Media transkoder.-
Converseen konverter gambar.-
OpenToonz Animasi Raster 2D.-
Screenkey Screencast monitor.-
Produksi Audio dengan Ardour.-
Rawtherapee pengolah foto raw.-
Plugin GMIC Qt Gimp dan Krita.-
Synfigstudio Animasi Vector 2D.-
Kalibrasi warna dengan DisplayCAL.-
OBS Perekam desktop dan streaming.-
Google Fonts untuk proyek komersil.-
Akses ISO terbaru 1-

Catatan:

1 Akses ISO terbaru untuk pengguna profesional.

Musl vs GLibc

Glibc (GNU libc)

Jenis libc ini khusus untuk arsitektur x64_86 dan i686. Glibc merupakan pustaka C yang hampir digunakan oleh semua perangkat lunak. Glibc memiliki kompatibilitas yang jauh lebih banyak dan memiliki dukungan multilib sehingga dapat menjalankan aplikasi 32bit. Glibc cukup membengkak dalam segi ukuran dan memiliki banyak hal yang tidak digunakan lagi bahkan sudah cukup usang, tetapi memiliki dukungan multilib dan semua yang telah dibangun untuk linux mendukung Glibc.

Glibc sifatnya membengkak tetapi semua orang menggunakannya dan memiliki dukungan untuk semuanya.

Rekomendasi

Glibc direkomendasikan untuk Anda yang memerlukan aplikasi Nonfree seperti driver GPU Nvidia, Chrome, Spotify, Steam, Skype, Printer Canon, Pycharm, Mendeley, Zoom, Teams, aplkasi windows dan aplikasi tidak bebas lainnya (nonfree software). Namun Glibc sedikit lebih lambat dan bloat dari Musl libc.

Musl libc

Jenis libc untuk arsitektur x64_86-musl. Berbeda dengan Glibc, Musl libc mencoba untuk menjadi kebalikan Glibc. Menghapus semua yang tidak diperlukan dan menggunakan kode assembler untuk mencoba menjadi lebih cepat dalam tugas-tugas tertentu. Musl tidak memiliki multilib (untuk dukungan 32bit) dan tidak memiliki dukungan hebat seperti Glibc, tetapi ia memiliki footprint dan penggunaan sumber daya yang sangat minimalis.

Musl keren dan heboh, tetapi tidak begitu banyak orang yang menggunakannya dan tidak memiliki banyak dukungan. Namun ia menggunakan sumber daya yang amat kecil. Kami merekomendasikan menggunakan Musl jika tidak ada kebutuhan aplikasi tidak bebas (nonfree/proprietary).

Rekomendasi

Musl direkomendasikan untuk Anda yang memburu performa dan efisiensi. Render video, animasi, kompil, multitasking, akan terasa perbedaannya. Aplikasi nonfree seperti Zoom, Teams, dan sebagainya bisa dipasang melalui flatpak namun terbatas. Beberapa aplikasi yang memerlukan wine-32bit tidak dapat dijalankan dengan semestinya.

Memilih Libc

Pada dasarnya glibc merupakan libc yang paling umum dan paling kompatible, sehinga disarankan untuk memilih glibc. Namun jika tidak ketergantungan dengan aplikasi nonfree maka sebaiknya menggunakan musl.

Fiturx86_64-muslx86_64i686
Dukungan Aplikasi Appimage 1-
Dukungan Aplikasi dan Driver Propietary 2-
Dukungan Wine windows 3

Catatan:

1 Tergantung dari penyedia aplikasinya, tidak semua aplikasi AppImage menyediakan versi arsitektur 32bit (i686). Umumnya hanya mendukung 64bit (x86_64) saja.

2 Aplikasi tidak bebas (Nonfree) seperti driver gpu Nvidia, Spotify, Steam, Skype, Printer Canon, Pycharm, Mendeley tidak mendukung di arsitektur x86_64-musl dan hanya tersedia di versi x86_64 saja. Namun di x86_64-musl aplikasi tidak bebas tersebut masih bisa dipasang melalui Flatpak.

3 x86_64-musl hanya mendukung wine windows 64bit dan i686 hanya mendukung 32bit. Sedangkan x86_64 mendukung keduanya (32bit dan 64bit).

Mengecek libc

Anda dapat mengetahui jenis libc yang digunakan dengan perintah ini

ldd --version

Hasil keluaran akan menampilkan GNU Libc atau Musl libc.

Persiapan

Pada bagian ini menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang pelu disiapkan sebelum memasang LangitKetujuh. Seperti mengetahui spesifikasi minimal yang telah ditentukan, mencadangkan data-data penting, membuat bootable flashdisk sebagai media pemasang, menonaktifkan fast startup Windows dan tombol masuk ke bios Laptop/PC.

Spesifikasi Minimal

Edisi Lite

Spesifikasi minimal untuk edisi lite tidak terlalu tinggi, sebab kebutuhannya yang umum dan tidak selalu digunakan untuk desain grafis.

Perangkat kerasMinimalDisarankan
CPUDual Core 1.8 GHzQuad Core 2 Ghz atau diatasnya
RAM2 GB± 4 GB
Ruang Disk Tersedia10 GB± 20 GB
VGA Display1366x7681920x1280
Port USB2.03.0
USB Bootable4GB4GB

Edisi Profesional

Spesifikasi minimal untuk edisi Profesional memerlukan perangkat keras yang cukup tinggi. Akan tepat sekali jika digunakan untuk kebutuhan multimedia.

Perangkat kerasMinimalDisarankan
CPUDual Core 1.8 GHzCore i3 atau diatasnya
RAM4 GiB± 8 Gib
Ruang Disk Tersedia20 GiB± 40 Gib
VGA Dislay1366x7681920x1280
Port USB2.03.0
USB Bootable8GB8GB
Internet-Harus1

1 Jika membutuhkan dukungan pemasangan via remote.

Cadangkan Data

Tujuan

Mencadangkan data (backup) bertujuan untuk menyelamatkan data jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Mencadangkan data bisa menggunakan disk eksternal (hdd/ssd) atau cloud (Nexclound, Owncloud, Git LFS, GDrive, One Drive, Megasync, dsb).

Jika tidak ada data penting di dalam partisi Anda maka tidak mengapa untuk diformat semua partisinya. Sehingga pemasangan LangitKetujuh bisa dilanjutkan tanpa menyalin data ke disk eksternal.

Dari Windows

Sistem berkas yang digunakan Windows adalah NTFS dari microsoft, sedangkan sistem berkas yang disarankan untuk distribusi linux adalah Ext4, XFS, Btrfs, F2fs dan sistem berkas linux lainnya. Maka dari itu sebaiknya data penting disalin ke disk eksternal karena nantinya akan dipartisi ulang.

Dari GNU/Linux

Jika partisi Anda sudah ada partisi /home sebelumnya, maka tidak perlu melalukan penyalinan ulang. Tetapi jika tidak ada partisi /home maka backup dahulu data-data penting Anda ke disk eksternal atau cloud.

Apakah harus mencadangkan data?

"Saya tidak punya hardisk eksternal dan tidak bisa backup cloud karena keterbatasan koneksi internet."

Anda tidak harus mencadangkan data ke disk eksternal atau ke cloud ketika dalam kondisi tertentu. Pilihan tergantung dari Anda. Namun sebaiknya dilakukan pencadangan data.

Ketika melakukan pemasangan file sistem yang kurang tepat, maka bisa menimbulkan blok-blok di hardisk kurang efisien dan performanya kurang baik (beda lingkungan file system) dan dapat menimbulkan badblock/badsector.

Jadi, ketika migrasi dari windows kami menyarankan untuk menggunakan file system Btrfs,XFS, F2fs atau Ext4. Sebab jika masih ada partisi NTFS dengan alasan ada data penting yang tidak bisa dihapus dan dibackup, performanya menjadi kurang baik seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Verifikasi Berkas

Sebelum Anda membuat bootable, disarankan untuk melakukan verifikasi/memeriksa berkas. Tujuannya untuk mengetahui berkas iso yang telah diunduh sudah aman dan tidak rusak. LangitKetujuh telah menyediakan kode hash SHA256 di halaman unduh atau di email Anda (untuk pengguna pro), pastikan kode hash yang di dalamnya sama seperti hasil keluaran hash.

Windows

Jika Anda menggunakan windows, gunakan aplikasi Hash Tools.

  • Unduh dan pasang.
  • Klik "Add File" untuk menambahkan iso LangitKetujuh OS.
  • Ceklis SHA256 di hash tools.
  • Klik 2 kali buka berkas .sha256 dengan notepad, cocokkan dengan isi kode SHA256 milik LangitKetujuh OS. Jika hasil kodenya sama, maka berkas iso aman untuk digunakan sebagai USB bootable.

GNU/Linux

KDE Plasma

Jika Anda menggunakan KDE Plasma, lebih mudah untuk mengecek hasil kode hash.

  • Klik kanan berkas isonya. Pilih "Properties"
  • Pilih tab "Checksums".
  • Pilih "SHA256", klik "Calculate".
  • Jika hasil kodenya sama, maka berkas iso aman untuk digunakan sebagai USB bootable.

Terminal

Anda bisa juga menggunakan sha256sum melalui perintah terminal.

cd lokasi/folder/iso/
sha256sum langitketujuh*.iso

Bootable Flasdisk di GNU/Linux

Cadangkan data Flasdisk Anda

Ketika membuat bootable USB pastikan data penting di dalam flasdisk sudah dicadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman. Anda dapat membuat bootable USB dengan salah satu aplikasi dibawah ini.

isoimagewriter

  • Buka aplikasi isoimagewriter, biasanya di menu dengan nama ISO Image Writer.
  • Klik pada kolom Write this ISO Image, pilih iso langitketujuh.
  • Klik pada kolom To this USB Drive, pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Pilih Create dan Tunggu sampai proses selesai.

ddgtk

  • Buka aplikasi ddgtk, biasanya di menu dengan nama DDgtk Bootable Disk Creator.
  • Klik pada kolom Choose an ISO, pilih iso langitketujuh.
  • Klik pada kolom Select a device, pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik Start, dan tunggu sampai proses selesai.

imagewriter

  • Buka aplikasi imagewriter, biasanya di menu dengan nama SUSE Studio Imagewriter.
  • Klik pada area tengah, pilih berkas iso langitketujuh yang telah Anda unduh sebelumnya.
  • Di kolom bawah, pilih nama flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik Write dan tunggu sampai proses selesai.

mintstick (tersedia di Linux Mint)

  • Buka aplikasi mint-stick, biasanya di menu dengan nama USB Image Writer.
  • Klik pada kolom Write Image, pilih iso langitketujuh.
  • Klik pada kolom to, pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik Write dan tunggu sampai proses selesai.

live-usb-maker (tersedia di MX linux)

  • Buka aplikasi live-usb-maker, biasanya di menu dengan nama MX Live USB Maker.
  • Masukkkan kata sandi root.
  • Klik pada kolom Select target USB Device, pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik pada kolom Select ISO file, pilih iso langitketujuh.
  • Pada bagian Mode, ceklis Image mode - read only LiveUSB (dd) (Penting, agar tidak terjadi galat saat boot ke desktop).
  • Klik Next dan tunggu sampai proses selesai, klik "Ok" dan "Close".

gnome-disk

  • Buka aplikasi gnome-disk, biasanya di menu dengan nama Disks.
  • Klik nama flasdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik ikon 3 titik, pilih Format Disk.
  • Muncul dialog format, pilih Format, pilih Format lagi.
  • Klik ikon 3 titik, pilih Restore DIsk Image.
  • Pada bagian kotak Image to Restore, pilih iso langitketujuh.
  • Klik Start Restoring....
  • Klik Restore dan tunggu sampai proses selesai.

bootiso (cli disarankan)

  • Buka folder yang berisi iso langitketujuh.
  • Klik kanan, pilih Actions.
  • Pilih Open Terminal Here.
  • Pastikan Flasdisk sudah tertancap.
  • Ketik bootiso langitketujuh[tekan tab].
  • Tunggu sampai proses menyalin selesai.

dd (cli)

Cek letak path flashdisk dengan lsblk. Contoh keluaran:

➜  lsblk
NAME   MAJ:MIN RM   SIZE RO TYPE MOUNTPOINT
sda      8:16   0 149.1G  0 disk 
├─sda1   8:17   0     1G  0 part /boot
└─sda2   8:18   0   148G  0 part /
sdb      8:32   0 465.8G  0 disk 
└─sdb1   8:33   0 465.8G  0 part /home
sdc      8:48   1  14.6G  0 disk 
├─sdc1   8:49   1   2.4G  0 part 
└─sdc2   8:50   1    32M  0 part

Pada informasi diatas sdc adalah flashdisk dengan ukuran 14.6GB (16GB).

  • Buka folder yang berisi iso langitketujuh.
  • Klik kanan, pilih Actions.
  • Pilih Open Terminal Here.
  • Pastikan Flasdisk sudah tertancap.
  • Ketik doas dd if=langitketujuh[tekan tab] of=/dev/sdc bs=1M status=progress oflag=sync.
  • Tunggu sampai proses menyalin selesai.

Bootable Flasdisk di Windows

Cadangkan Data Flasdisk Anda

Ketika membuat bootable USB pastikan data penting di dalam flasdisk sudah dicadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman. Anda dapat membuat bootable USB dengan salah satu aplikasi dibawah ini.

Ventoy

Unduh Ventoy

  • Unduh Ventoy terbaru. Misalnya ventoy-1.0.46-windows.zip.
  • Setelah selesai mengunduh, klik kanan pilih Extract Here.
  • Masuk ke folder ventoy-1.0.46 (versi 1.0.46 hanya sebagai contoh).
  • Jalankan aplikasi via Administrator Ventoy2Disk.exe dengan mengeklik dua kali.
  • Pada bagian Device pilih nama flasdisk. Misalnya F: [4GB] Sandisk.
  • Klik Install.
  • Jika muncul peringatan, klik Yes dua kali.
  • Jika sukses, klik OK.
  • Copy iso langitketujuh yang sudah diunduh, lalu paste ke Flasdisk yang berlabel Ventoy.
  • Selesai.

Rufus

Unduh Rufus

  • Pilih versi terbaru. Misalnya Rufus 3.xx.
  • Jalankan aplikasi via Administrator rufus-x.x.exe, klik 2 kali.
  • Klik pada kolom Device, pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Klik pada kolom Boot Selection, pilih Disk or ISO Image.
  • Klik SELECT, pilih iso langitketujuh.
  • Klik pada kolom Partition Scheme, pilih MBR.
  • Klik pada kolom Target system, pilih BIOS or UEFI.
  • Klik START untuk memulai proses bootable.
  • Muncul dialog ISOHybrid image detected, klik Write in DD image mode (Penting, agar tidak terjadi galat saat boot ke desktop), klik OK dan muncul peringatan format flashdisk klik OK sekali lagi.
  • Tunggu sampai selesai. Jika sudah menampilkan status READY, klik CLOSE.

Rosa images

Unduh Rosa Image

  • Klik for Windows untuk mengunduh versi windows.
  • Setelah selesai mengunduh, klik kanan pilih Extract Here.
  • Jalankan aplikasi via Administrator RosaImageWriter.exe, klik 2 kali.
  • Klik pada kolom Image.
  • Pilih iso langitketujuh.
  • Klik pada kolom USB Device.
  • Pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.
  • Pilih Write, muncul dialog peringatan format flashdisk pilih Yes.
  • Tunggu sampai selesai, klik OK.

Balena Etcher

Ukuran berkas Etcher terlalu besar, kami tidak direkomendasikannya karena ukuran aplikasi melebihi 100Mb.

Windows 8/10

Menonaktifkan Fast Startup

Tujuan menonaktifkan adalah memudahkan masuk ke bios menu komputer/laptop. Jika tidak dinonaktifkan fitur fast startup dari windows maka pengguna akan kesusahan untuk masuk ke bios menu. Fitur fast startup hanya tersedia untuk windows 8 dan 10 saja.

  • Klik kanan Start menu, pilih "Control Panel".
  • Klik "Power Options".
  • Klik "Choose what the power buttons do".
  • Klik "Change settings that are currently unavailable".
  • Hapus ceklis "Turn on fast startup (recommended)".
  • Klik "Save changes".
  • Restart komputer.

Tombol Bios

Boot Menu dan Bios Menu

Setiap manufaktur memiliki tombol bios yang berbeda-beda. Berikut ini daftar tombol biosnya.

ManufakturBoot MenuBios Menu
AcerEsc, F9, F12Del, F2
Acer AspireF12F2
AppleOption
Asus desktopF8F9
Asus laptopEscF9
Asus laptop r5035F8Del
Asus netbook EeeEscF2
Compaq PresarioEsc, F9F10
DellF12F2
Dell PrecisionF12F12
EmachinesF12Del
HPF9, EscF10, Esc
IntelF10
LenovoF12, F8, F10F1, F2
Lenovo IdeaPadFn + F12, F8, F10F1, F2
NecF5F2
Packard BellF8F1, Del
SamsungF12, EscF2
Sharp-F2
SonyF10, F11F1, F2, F3
ToshibaF12Esc, F1, F12

Sistem Boot

Bios Menu

Nonaktifkan sementara beberapa fitur bios dibawah ini. Jika sudah selesai pemasangan LangitKetujuh maka bisa dikembalikan seperti semula.

  • Quick Boot: Disabled
  • Fast Boot: Disabled
  • CSM: Disabled
  • Secure Boot: Disabled

Jika Secure boot tidak aktif/muncul, maka buatlah kata sandi bios dahulu. Kata sandi yang digunakan misalnya 123.

  • Ke bagian tab Security
  • Pilih Set supervisor password
  • ketik 123
  • ketik lagi 123
  • Pilih Set user password
  • ketik 123
  • ketik lagi 123
  • Ke bagian tab Boot
  • Pilih Secure boot: Disabled

Boot Mode

Ada 2 jenis Boot mode, yaitu Legacy dan UEFI.

Jika menggunakan legacy, secara otomatis masuk ke boot mode legacy sendiri dan tidak perlu diatur lagi. Sedangkan, jika menggunakan UEFI pastikan Boot mode: menggunakan UEFI atau UEFI Only.

Boot Order/Sequence

Kami menyarankan menggunakan boot mode UEFI jika bios Anda mendukung. Jika mendukung UEFI, letakkan UEFI USB paling atas (biasanya muncul 2 boot order flasdisk di bios menu). Tetapi jika bios Anda hanya mendukung legacy, USB biasa yang diposisikan paling atas.

Sebagai contoh di mesin PC atau laptop Anda memiliki boot order yang seperti ini.

  • SSD: Adata SU128
  • HDD: Seagate 1 TB
  • Network:
  • DVDR X
  • UEFI: USB Sandisk
  • USB Sandisk

Menjadi seperti ini:

  • UEFI: USB Sandisk (posisi paling atas)
  • USB Sandisk (posisi kedua)
  • SSD: Adata SU128
  • HDD: Seagate 1 TB
  • Network:
  • DVDR X

Cara menaikkan posisi boot order bisa menggunakan F6 atau F5 untuk model tertentu.

Reboot

Jika sudah diatur pengaturan bios menu, pilih Save (biasanya tekan F10 untuk menyimpan). Lalu PC/Laptop akan mereboot secara otomatis dan masuk ke LiveUSB LangitKetujuh.)

Live mode

Alhamdulillah pada tahap ini Anda akan sampai di desktop LangitKetujuh. Anda bisa melihat daftar aplikasi di menu, tampilan antarmuka, gambar latar belakang dan lain-lain.

Pada tahap live mode ini merupakan tahap uji coba, alias belum terpasang sepenuhnya ke disk penyimpanan komputer. Jadi, dengan live mode ini Anda dapat melihat tampilan desktop serta mengecek hardware wifi, bluetooth, kecerahan layar, spiker dan lain-lain. Pastikan sebelum memasang LangitKetujuh OS, hardware bekerja dengan semestinya.

Pengguna dan Kata Sandi

Normal

  • Pengguna: anon
  • Kata sandi: langitketujuh

Root

  • Pengguna: root
  • Kata sandi: langitketujuh

Pemasangan

Pada bagian ini menjelaskan tentang bagaimana cara masuk boot mode dengan baik dan benar (jika salah boot mode akan gagal memasang grub), sistem pemartisian, sistem partisi SWAP, cara pemasangan single boot dan pemasangan dual boot baik dengan Windows atau distro Linux lainnya.

Boot Mode

UEFI

Setelah restart kemudian masuk ke Live USB, selanjutnya periksa jenis boot mode Anda. Jika menggunakan UEFI maka pastikan masuk kedalam mode UEFI, dan sebaliknya jika menggunakan legacy maka pastikan masuk kedalam mode legacy.

Cara memeriksa boot mode yaitu dengan mengetik perintah ini di konsole.

efibootmgr

Jika hasilnya ada keluaran daftar EFI Boot0000, Boot9999, dan seterusnya. Maka boot mode Anda sudah benar menggunakan boot UEFI.

➜  ~ efibootmgr
Timeout: 0 seconds
BootOrder: 0000,9999
Boot0000* LangitKetujuh
Boot9999* USB Drive (UEFI)
➜  ~

Namun jika hasil keluarannya EFI variables are not supported on this system. maka Anda salah masuk boot mode ke legacy. Anda perlu mengatur kembali boot order di bios menu agar masuk kedalam mode UEFI.

Kami menyarankan jika sistem bios Anda mendukung UEFI maka gunakanlah UEFI, karena UEFI lebih modern dari Legacy. Tetapi jika LangitKetujuh tidak mendukung sistem UEFI mesin Anda maka boleh menggunakan mode legacy di mesin UEFI, tetapi Anda diharuskan mengkonversi tipe disk GPT ke MBR agar mendukung legacy (cara konversi ada di halaman sistem partisi).

Legacy

Jika keluaran dari efibootmgr adalah EFI variables are not supported on this system. Maka bootmode menggunakan legacy dan itu sudah benar. Secara bawaan legacy tidak perlu memeriksa boot mode, karena pemeriksaan boot mode pada tahap ini digunakan untuk UEFI saja.

Sistem Partisi

Cadangkan Data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Mengerti dengan sistem partisi sendiri

Gunakan disk atau lsblk untuk mengetahui sistem partisi. Setidaknya dengan ini dapat mengerti partisi mana yang akan dijadikan partisi sistem, partisi boot, partisi home dan partisi opsional.

Tipe disk MBR dan GPT

Tipe disk mbr atau yang dikenal tipe dos memiliki fitur yang tidak terlalu banyak dan sistem partisi primer juga maksimalnya 4 partisi. Sedangkan tipe disk GPT dapat membuat partisi primer tak terhingga (semampunya penyimpanan disk), memiliki dukungan partisi lebih dari 2Tib dan proses booting yang cepat.

Ciri khas MBR biasanya digunakan oleh PC/Laptop yang low-end (spesifikasi rendah) dan keluaran sebelum 2015. Sedangkan GPT sebaliknya, digunakan oleh PC/Laptop keluaran terbaru.

Kami menyarankan menggunakan tipe disk GPT agar dapat memiliki fitur lebih jika bios Anda mendukung boot mode UEFI. Dan gunakan tipe disk MBR jika biosnya hanya mendukung boot mode Legacy saja.

Mengetahui tipe disk MBR atau GPT

Boot mode UEFI diharuskan menggunakan tipe disk GPT, sedangkan boot mode legacy diharuskan menggunakan tipe disk DOS. Jika disk yang akan digunakan adalah sda maka ketik:

doas fdisk -l /dev/sda | grep type

Jika hasilnya Disklabel type: dos maka tipe disk MBR, sedangkan Disklabel type: gpt maka tipe disk GPT.

Merubah MBR ke GPT tanpa format

Terkadang disk setelah diperiksa ternyata adalah MBR (untuk boot mode legacy). Padahal saat ini boot mode yang digunakan adalah UEFI, berarti Anda sedang migrasi dari legacy ke UEFI. Maka disk perlu dikonversi dari MBR ke GPT.

Gunakan gdisk untuk konversinya. Pada contoh dibawah ini misalnya disk yang digunakan adalah sda. Dan jangan lupa untuk umount disk yang akan dikonversikan.

doas gdisk /dev/sda
  • Ketik w untuk menjadikan disk ke GPT.
  • Ketik y untuk konfirmasi proses.

Merubah GPT ke MBR tanpa format

Kami rasa sangat disayangkan bila disk dikonversi ke MBR, karena seperti mengalami penurunan fitur. Jika terpaksa konversi tetap gunakan gdisk. Pada contoh dibawah ini misalnya disk yang akan dipasang LangitKetujuh adalah sda. Jangan lupa untuk unmount disk yang akan dikonversikan.

doas gdisk /dev/sda
  • Ketik r untuk recovery dan pilihan tranformasi, enter.
  • Ketik g untuk konversi GPT ke MBR, enter.
  • Ketik w untuk write, enter.
  • Ketik Y, enter untuk menerapkan konversinya.

Pembagian partisi diawal

Pembagian partisi melalui mode pemasangan langsung juga bisa dilakukan. Tetapi agar lebih siap lagi, sebaiknya pembagian partisi dilakukan diawal sehingga lebih mudah dan cepat untuk dilakukan mount point.

Pemartisian sebaiknya menggunakan cfdisk. Pemisalan disk yang akan dipasang adalah sda maka:

doas cfdisk /dev/sda

Gunakan navigasi arah panah untuk melakukan eksekusi. Misalnya melakukan perintah new dan delete. Kemudian atur partisi yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Agar optimal penggunaan partisinya untuk instalasi satu sistem operasi sebaiknya menggunakan 3 jenis partisi, yaitu antara lain:

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS atau Ext4.

Legacy (dos/mbr)

Tipe PartisiJumlahMount Point
Vfat512M/boot
F2fs40G/
F2fs~/home

UEFI (gpt)

Tipe PartisiJumlahMount Point
Vfat512M/boot/efi
F2fs40G/
F2fs~/home

Jumlah gigabyte dari /dev/sda3 bisa ditulis dari sisa kapasitas hardisk yang ada atau disesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika sudah yakin, pilih write lalu masukkan yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.

Sistem Swap

Tradisional Swapfile

Sistem tradisional swap dengan membuat partisi khusus swapfile sangat tidak disarankan. Alasannya sebagai berikut:

  • Memperlambat kinerja Hardisk
  • Memperpendek umur SSD
  • Mengurangi ruang disk

Dengan beberapa alasan tersebut Anda tidak seharusnya membuat partisi swapfile. Terlebih lagi untuk LangitKetujuh diatas versi 20210616 sudah menggunakan ZRAM untuk manajemen swap yang lebih baik.

ZRAM

ZRAM adalah salah satu fitur dari modul kernel yang bertujuan untuk menggunakan ruang sisa RAM sebagai memori cache terkompresi. Sehingga swap berjalan dengan RAM yang terkompresi dan tidak mengurangi ruang disk Anda. Secara bawaan di LangitKetujuh, zram sudah aktif dengan tambahan porsi 25% dari RAM fisik.

Ram fisikZRAM (25%)Memori total
2 GiB+ 256 MiB2.3 GiB
4 GiB+ 1 GiB5 GiB
8 GiB+ 2 GiB10 GiB
16 GiB+ 4 GiB20 GiB
+16 GiBNonaktif~ GiB

Misalnya Anda memiliki RAM fisik 8GB, maka akan ditambah 2GB (25%) lagi oleh ZRAM. Maka total memori Anda menjadi 10GB, menarik bukan!

Pengaturan layanan ZRAM dapat dibantu dengan Zramen.

Single Boot Hapus Seluruhnya

Metode

Pemasangan single boot dengan hapus seluruhnya artinya pemasangan dengan satu sistem operasi saja. Pemasangan dengan metode ini ditujukan untuk disk yang benar-benar kosong, aman dipartisi ulang, tidak ada data penting dan aman untuk dihapus semua partisinya.

Pemasangan

Aplikasi pemasang di LangitKetujuh OS tidak menggunakan GUI, tetapi menggunakan Ncurses CLI. Sehingga navigasinya menggunakan arah panah ⬆️ ➡️ ⬇️ ⬅️, tab dan enter di keyboard. Buka aplikasi konsole di menu, kemudian ketik perintah berikut untuk menuju pemasang LangitKetujuh OS.

doas langitketujuh-install

Kata sandinya: langitketujuh

LangitKetujuh Install

Tekan Enter untuk melanjutkan ke pemasangan. Anda akan melihat langkah demi langkah tahapan yang harus diselesaikan. Seperti Keyboard, Network, Source, Hostname hingga ke Install.

LangitKetujuh Install

Keyboard

Pilih us untuk jenis papan ketik qwerty.

LangitKetujuh Install

Network

Lewati tahap ini karena pemasangan sebaiknya dilakukan secara offline. Jika terlanjur terklik, pilih Back untuk kembali.

Source

Pilih Local untuk pemasangan offline agar lebih cepat prosesnya.

LangitKetujuh Install

Hostname

Hostname ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama brand komputer, nama website, atau nama keluarga. Contohnya studio, langitketujuh, linux, dsb.

LangitKetujuh Install

Locale

Pilih en_US.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Inggris. Atau id_ID.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

LangitKetujuh Install

Timezone

Pilih zona waktu benua yang dikehendaki, misalnya Asia.

LangitKetujuh Install

Selanjutnya pilih zona waktu kota, misalnya Jakarta untuk zona waktu WIB. Anda juga dapat memilih zona waktu lainnya seperti Makassar untuk WITA atau Jayapura untuk WIT.

LangitKetujuh Install

Root Password

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

🔔 Gunakan kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf sekitar 5 karakter.

LangitKetujuh Install

Kemudian ulangi lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

User Account

Nama pengguna primer/utama ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama panggilan. Contohnya myusuf, hervy, aziz, aris dsb.

LangitKetujuh Install

Kemudian tulis nama pengguna untuk login. Bisa menggunakan huruf kapital dan spasi. Misalnya Muhammad Yusuf, Hervy Qurrotul, LangitKetujuh Studio dsb.

LangitKetujuh Install

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

LangitKetujuh Install

Kemudian ketik lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

Untuk "group membership" lewati saja dengan memilih OK.

LangitKetujuh Install

BootLoader

Bootloader tergantung dari letak disk yang akan di partisi sebagai sistem root /. Biasanya menggunakan dari disk utama /dev/sda. Sebagai contoh /dev/sda SSD dengan ukuran 120GB.

LangitKetujuh Install

Pada dialog use graphical boot loader pilih Yes.

LangitKetujuh Install

Partition

⚠️ Cadangkan data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Abaikan jika sudah melakukan pemartisian diawal, lalu lanjut ke tahap Filesystems. Jika belum diatur partisinya, pilih /dev/sda (disk saat ini). Kemudian pilih OK.

LangitKetujuh Install

Pilih cfdisk sebagai perkakas partisinya.

LangitKetujuh Install

Muncul peringatan pemilihan file system untuk partisi boot, Enter untuk melanjutkan.

LangitKetujuh Install

Dengan cfdisk, Anda dapat mengatur partisinya seperti menambah partisi dengan memilih New, menghapus dengan memilih Delete, merubah ukuran dengan Resize dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan partisi yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah contoh skema partisi yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Jika Anda menggunakan legacy, pastikan partisi boot sudah mengaktifkan tanda bintang * sebagai tanda bootable. Khusus untuk legacy saja.

    Nama DiskBootableJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1*512MlinuxBaru
    /dev/sda240GlinuxBaru
    /dev/sda3~linuxBaru
  • UEFI (gpt)

    Jika menggunakan UEFI, maka langsung saja membuat partisinya seperti contoh berikut ini.

    Nama DiskJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1512MlinuxBaru
    /dev/sda240GlinuxBaru
    /dev/sda3~linuxBaru
    • Baru = Partisinya diformat
    • Lama = Partisinya tidak diformat

Jumlah gigabyte dari /dev/sda3 bisa ditulis dari sisa kapasitas hardisk yang ada atau disesuaikan dengan kebutuhan saja.

LangitKetujuh Install

Jika sudah yakin, pilih write lalu ketik yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.

LangitKetujuh Install

Filesystems

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS, Btrfs atau Ext4.

Filesystem akan menentukan setiap partisi untuk digunakan dalam mountpoint hirarki sistem operasi. Umumnya terdiri dari 3 mountpoint, yaitu:

  1. /boot atau /boot/efi
  2. /
  3. /home

Berikut ini adalah contoh skema filesystem yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Jika menggunakan legacy maka menggunakan /boot.

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda1Vfat/bootyes
    /dev/sda2F2fs/yes
    /dev/sda3Ext4/homeyes
  • UEFI (gpt)

    Jika menggunakan UEFI maka menggunakan /efi/boot.

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda1Vfat/boot/efiyes
    /dev/sda2F2fs/yes
    /dev/sda3Ext4/homeyes

Pada cuplikan gambar dibawah ini merupakan contoh skema partisi dengan menggunakan SSD di mode UEFI.

  • Bagian 1, partisi /dev/sda1. Pilih partisi pertama untuk boot.

    LangitKetujuh Install

    Pilih tipe vfat untuk dijadikan partisi boot /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system boot baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 2, partisi /dev/sda2. Pilih partisi kedua untuk dijadikan sistem root /.

    LangitKetujuh Install

    Pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi root.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system root baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 3, partisi /dev/sda3. Pilih partisi ketiga untuk dijadikan /home.

    LangitKetujuh Install

    Pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi home.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /home.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system home baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

    Jika sudah selesai pilih Done.

    LangitKetujuh Install

Settings

Pilih Settings untuk melihat ringkasan pengaturan pemasangan yang akan dijalankan.

LangitKetujuh Install

LangitKetujuh Install

Gulir ke bawah akan mendapati pengaturan partisinya. Pada bagian MOUNTPONT, nilai 1 artinya partisi akan diformat dan 0 partisi dibiarkan tetap.

LangitKetujuh Install

Tekan Exit untuk keluar dari ringkasan pengaturan.

Install

Jika sudah yakin, Pilih Install dan OK untuk melanjutkan operasi pemasangan. Pilih Yes untuk memformat partisi sesuai pangaturan yang sudah diringkas pengaturan Settings sebelumnya.

⚠️ Adanya penghapusan partisi jika tertulis NEW FILESYSTEM

LangitKetujuh Install

Tunggu proses hingga selesai hingga ada perintah untuk melakukan reboot. Pilih Yes untuk reboot. Setelah mesin mati, cabut flasdisk agar tidak kembali ke mode Live USB.

Single Boot Pasang Ulang

Metode

Pemasangan single boot pasang ulang artinya pemasangan LangitKetujuh yang terdapat partisi /home dan ingin mempertahankannya. Jika tidak mempunyai partisi /home maka Anda cadangkan data dahulu ke disk eksternal atau ke cloud.

Pemasangan

Aplikasi pemasang di LangitKetujuh OS tidak menggunakan GUI, tetapi menggunakan Ncurses CLI. Sehingga navigasinya menggunakan arah panah ⬆️ ➡️ ⬇️ ⬅️, tab dan enter di keyboard. Buka aplikasi konsole di menu, kemudian ketik perintah berikut untuk menuju pemasang LangitKetujuh OS.

doas langitketujuh-install

Kata sandinya: langitketujuh

LangitKetujuh Install

Tekan Enter untuk melanjutkan ke pemasangan. Anda akan melihat langkah demi langkah tahapan yang harus diselesaikan. Seperti Keyboard, Network, Source, Hostname hingga ke Install.

LangitKetujuh Install

Keyboard

Pilih us untuk jenis papan ketik qwerty.

LangitKetujuh Install

Network

Lewati tahap ini karena pemasangan sebaiknya dilakukan secara offline. Jika terlanjur terklik, pilih Back untuk kembali.

Source

Pilih Local untuk pemasangan offline agar lebih cepat prosesnya.

LangitKetujuh Install

Hostname

Hostname ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama brand komputer, nama website, atau nama keluarga. Contohnya studio, langitketujuh, linux, dsb.

LangitKetujuh Install

Locale

Pilih en_US.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Inggris. Atau id_ID.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

LangitKetujuh Install

Timezone

Pilih zona waktu benua yang dikehendaki, misalnya Asia.

LangitKetujuh Install

Selanjutnya pilih zona waktu kota, misalnya Jakarta untuk zona waktu WIB. Anda juga dapat memilih zona waktu lainnya seperti Makassar untuk WITA atau Jayapura untuk WIT.

LangitKetujuh Install

Root Password

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

🔔 Gunakan kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf sekitar 5 karakter.

LangitKetujuh Install

Kemudian ulangi lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

User Account

Nama pengguna primer/utama ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama panggilan. Contohnya myusuf, hervy, aziz, aris dsb.

LangitKetujuh Install

Kemudian tulis nama pengguna untuk login. Bisa menggunakan huruf kapital dan spasi. Misalnya Muhammad Yusuf, Hervy Qurrotul, LangitKetujuh Studio dsb.

LangitKetujuh Install

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

LangitKetujuh Install

Kemudian ketik lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

Untuk "group membership" lewati saja dengan memilih OK.

LangitKetujuh Install

BootLoader

Bootloader tergantung dari letak disk yang akan di partisi sebagai sistem root /. Biasanya menggunakan dari disk utama /dev/sda. Sebagai contoh /dev/sda SSD dengan ukuran 120GB.

LangitKetujuh Install

Pada dialog use graphical boot loader pilih Yes.

LangitKetujuh Install

Partition

⚠️ Cadangkan data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Abaikan jika sudah melakukan pemartisian diawal, lalu lanjut ke tahap Filesystems. Jika belum diatur partisinya, pilih /dev/sda (disk saat ini). Kemudian pilih OK.

LangitKetujuh Install

Pilih cfdisk sebagai perkakas partisinya.

LangitKetujuh Install

Muncul peringatan pemilihan file system untuk partisi boot, Enter untuk melanjutkan.

LangitKetujuh Install

Dengan cfdisk, Anda dapat mengatur partisinya seperti menambah partisi dengan memilih New, menghapus dengan memilih Delete, merubah ukuran dengan Resize dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan partisi yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah contoh skema partisi yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Jika Anda menggunakan legacy, pastikan partisi boot sudah mengaktifkan tanda bintang * sebagai tanda bootable. Khusus untuk legacy saja.

    Nama DiskBootableJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1*512MlinuxBaru
    /dev/sda240GlinuxBaru
    /dev/sda3~linuxLama
  • UEFI (gpt)

    Jika menggunakan UEFI, maka langsung saja membuat partisinya seperti contoh berikut ini.

    Nama DiskJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1512MlinuxBaru
    /dev/sda240GlinuxBaru
    /dev/sda3~linuxLama
    • Baru = Partisinya diformat
    • Lama = Partisinya tidak diformat
    • Partisi untuk /home tidak perlu dibuat karena masih menggunakan pastisi yang lama dan jangan diformat.

Partisi /dev/sda3 tidak perlu dibuat, karena sudah ada dari pemartisian linux sebelumnya.

LangitKetujuh Install

Jika sudah yakin, pilih write lalu ketik yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.

LangitKetujuh Install

Filesystems

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS, Btrfs atau Ext4.

Filesystem akan menentukan setiap partisi untuk digunakan dalam mountpoint hirarki sistem operasi. Umumnya terdiri dari 3 mountpoint, yaitu:

  1. /boot atau /boot/efi
  2. /
  3. /home

Berikut ini adalah contoh skema filesystem yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Jika menggunakan legacy maka menggunakan /boot.

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda1Vfat/bootyes
    /dev/sda2XFS/yes
    /dev/sda3Ext4/homeno
  • UEFI (gpt)

    Jika menggunakan UEFI maka menggunakan /efi/boot.

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda1Vfat/boot/efiyes
    /dev/sda2XFS/yes
    /dev/sda3Ext4/homeno

Pada cuplikan gambar dibawah ini merupakan contoh skema partisi dengan menggunakan SSD di mode UEFI.

  • Bagian 1, partisi /dev/sda1. Pilih partisi pertama untuk boot.

    LangitKetujuh Install

    Kemudian pilih tipe vfat untuk dijadikan partisi boot /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system boot baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 2, partisi /dev/sda2. Pilih partisi kedua untuk dijadikan sistem root /.

    LangitKetujuh Install

    Kemudian pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi root.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system root baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 3, partisi /dev/sda3. Pilih partisi ketiga untuk dijadikan /home.

    LangitKetujuh Install

    Kemudian pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi home.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /home.

    LangitKetujuh Install

    ⚠️ Khusus partisi /home

    Pilih No agar partisi home tidak terhapus, sebab metode pemasangan ulang ini mempertahankan partisi home yang sebelumnya.

    LangitKetujuh Install

    Jika sudah selesai pilih Done.

    LangitKetujuh Install

Settings

Pilih Settings untuk melihat ringkasan pengaturan pemasangan yang akan dijalankan.

LangitKetujuh Install

LangitKetujuh Install

Gulir ke bawah akan mendapati pengaturan partisinya. Pada bagian MOUNTPONT, nilai 1 artinya partisi akan diformat dan 0 partisi dibiarkan tetap.

LangitKetujuh Install

Tekan Exit untuk keluar dari ringkasan pengaturan.

Install

Jika sudah yakin, Pilih Install dan OK untuk melanjutkan operasi pemasangan. Pilih Yes untuk memformat partisi sesuai pangaturan yang sudah diringkas pengaturan Settings sebelumnya.

⚠️ Adanya penghapusan partisi jika tertulis NEW FILESYSTEM

LangitKetujuh Install

Tunggu proses hingga selesai hingga ada perintah untuk melakukan reboot. Pilih Yes untuk reboot. Setelah mesin mati, cabut flasdisk agar tidak kembali ke mode Live USB.

Dual Boot Bersama Distro Linux

Metode

Pemasangan dual boot dengan linux lain adalah menjadikan LangitKetujuh akan menjadi sistem operasi kedua. Dengan syarat memiliki partisi /boot atau /boot/efi dan partisi /home yang ingin dipertahankan tanpa format. Partisi /home akan dijadikan satu dengan distro linux yang lama sehingga perlu membuat satu partisi baru untuk / LangitKetujuh.

Meskipun partisi /home jadi satu, username baru untuk LangitKetujuh dibedakan dengan username distro linux yang lama agar tidak tumpang tindih, kecuali jika menginginkannya.

Jika tidak mempunyai partisi /home maka Anda bisa membuat dua partisi baru, yaitu / dan /home untuk LangitKetujuh.

Menyiapkan partisi baru

Gunakan KDE Partition, GParted, GNOME Disk, cfdisk atau alat pemartisi lainnya. Lalu resize ruang partisi yang ada untuk digunakan partisi sistem LangitKetujuh.

Ruang diskaMinimalDisarankan
Lite10 GiB25 Gib
Pro20 GiB40 Gib

Berikut ini adalah contoh skema partisi di dalam disk yang sudah memiliki partisi /boot, /, dan /home. Sehingga perlu partisi / baru.

lsblk -o NAME,TYPE,FSTYPE,SIZE,LABEL,MOUNTPOINT
  • Skema partisi lama.

    NAME   TYPE FSTYPE    SIZE LABEL MOUNTPOINT
    sda    disk           498G
    ├─sda1 part vfat    512MiB
    ├─sda2 part xfs        50G root
    └─sda3 part ext4      438G home
    
  • Skema partisi baru.

    NAME   TYPE FSTYPE    SIZE LABEL MOUNTPOINT
    sda    disk           498G
    ├─sda1 part vfat    512MiB
    ├─sda2 part xfs        50G root
    ├─sda3 part ext4      398G home
    └─sda4 part ext4       40G
    

Sebagai contoh, terdapat partisi baru yaitu sda4 dengan ukuran 40G yang nantinya akan dijadikan partisi / untuk LangitKetujuh. Sedangkan partisi /home menggunakan sda3 dengan partisi lama jika ada.

Pemasangan

Aplikasi pemasang di LangitKetujuh OS tidak menggunakan GUI, tetapi menggunakan Ncurses CLI. Sehingga navigasinya menggunakan arah panah ⬆️ ➡️ ⬇️ ⬅️, tab dan enter di keyboard. Buka aplikasi konsole di menu, kemudian ketik perintah berikut untuk menuju pemasang LangitKetujuh OS.

doas langitketujuh-install

Kata sandinya: langitketujuh

LangitKetujuh Install

Tekan Enter untuk melanjutkan ke pemasangan. Anda akan melihat langkah demi langkah tahapan yang harus diselesaikan. Seperti Keyboard, Network, Source, Hostname hingga ke Install.

LangitKetujuh Install

Keyboard

Pilih us untuk jenis papan ketik qwerty.

LangitKetujuh Install

Network

Lewati tahap ini karena pemasangan sebaiknya dilakukan secara offline. Jika terlanjur terklik, pilih Back untuk kembali.

Source

Pilih Local untuk pemasangan offline agar lebih cepat prosesnya.

LangitKetujuh Install

Hostname

Hostname ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama brand komputer, nama website, atau nama keluarga. Contohnya studio, langitketujuh, linux, dsb.

LangitKetujuh Install

Locale

Pilih en_US.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Inggris. Atau id_ID.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

LangitKetujuh Install

Timezone

Pilih zona waktu benua yang dikehendaki, misalnya Asia.

LangitKetujuh Install

Selanjutnya pilih zona waktu kota, misalnya Jakarta untuk zona waktu WIB. Anda juga dapat memilih zona waktu lainnya seperti Makassar untuk WITA atau Jayapura untuk WIT.

LangitKetujuh Install

Root Password

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

🔔 Gunakan kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf sekitar 5 karakter.

LangitKetujuh Install

Kemudian ulangi lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

User Account

Nama Pengguna (username)

Gunakan nama pengguna yang berbeda dengan pengguna distro linux yang lama agar tidak tumpang tindih, hal ini untuk membuat pengaturan baru untuk distro LangitKetujuh. Jika ingin menimpa, boleh saja untuk menggunakan username yang sama.

Nama pengguna primer/utama ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama panggilan. Contohnya myusuf, hervy, aziz, aris dsb.

LangitKetujuh Install

Kemudian tulis nama pengguna untuk login. Bisa menggunakan huruf kapital dan spasi. Misalnya Muhammad Yusuf, Hervy Qurrotul, LangitKetujuh Studio dsb.

LangitKetujuh Install

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

LangitKetujuh Install

Kemudian ketik lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

Untuk "group membership" lewati saja dengan memilih OK.

LangitKetujuh Install

BootLoader

Bootloader tergantung dari letak disk yang akan di partisi sebagai sistem root /. Biasanya menggunakan dari disk utama /dev/sda. Sebagai contoh /dev/sda SSD dengan ukuran 120GB.

LangitKetujuh Install

Pada dialog use graphical boot loader pilih Yes.

LangitKetujuh Install

Partition

⚠️ Cadangkan data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Abaikan jika sudah melakukan pemartisian diawal, lalu lanjut ke tahap Filesystems. Jika belum diatur partisinya, pilih /dev/sda (disk saat ini). Kemudian pilih OK.

LangitKetujuh Install

Pilih cfdisk sebagai perkakas partisinya.

LangitKetujuh Install

Muncul peringatan pemilihan file system untuk partisi boot, Enter untuk melanjutkan.

LangitKetujuh Install

Dengan cfdisk, Anda dapat mengatur partisinya seperti menambah partisi dengan memilih New, menghapus dengan memilih Delete, merubah ukuran dengan Resize dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan partisi yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah contoh skema partisi yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Nama DiskBootableJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1*512MlinuxLama
    /dev/sda3~linuxLama
    /dev/sda440GlinuxBaru
  • UEFI (gpt)

    Nama DiskJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda1512MEfiLama
    /dev/sda3~linuxLama
    /dev/sda440GlinuxBaru
    • Baru = Partisinya diformat
    • Lama = Partisinya tidak diformat
    • Partisi sda1 akan digunakan sebagai /boot atau /boot/efi.
    • Partisi sda3 akan digunakan sebagai /home tidak perlu membuat partisi baru, karena sudah ada dari pemartisian linux sebelumnya.
    • Partisi sda4 akan digunakan sebagai / sistem root LangitKetujuh dengan partisi baru.

Jika sudah yakin, pilih write lalu ketik yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.

LangitKetujuh Install

Filesystems

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS, Btrfs atau Ext4.

Filesystem akan menentukan setiap partisi untuk digunakan dalam mountpoint hirarki sistem operasi. Umumnya terdiri dari 3 mountpoint, yaitu:

  1. /boot atau /boot/efi
  2. /
  3. /home

Berdasarkan skema partisi diatas maka mountpoint filesystem akan seperti berikut ini.

  • sda1 Akan dijadikan partisi boot. Tidak diformat.
  • sda2 Dilewati karena partisi sistem root distro linux yang lama.
  • sda3 Akan dijadikan satu partisi home dengan distro linux yang lama. Tidak diformat.
  • sda4 Sebuah partisi baru. Akan dijadikan partisi sistem LangitKetujuh.

Sedangkan untuk pemilihan mountpoint akan terlihat seperti berikut ini.

  • Legacy (dos/mbr)

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda3F2fs/homeno
    /dev/sda4F2fs/yes
  • UEFI (gpt)

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda1Vfat/boot/efino
    /dev/sda3F2fs/homeno
    /dev/sda4F2fs/yes

Untuk partisi /home sendiri tergantung tipe partisinya. Bisa jadi Anda menggunakan F2fs atau Ext4 sebelumnya.

Pada cuplikan gambar dibawah ini merupakan contoh skema partisi dengan menggunakan SSD di mode UEFI dan kami sudah menggunakan F2fs untuk partisi /home.

  • Bagian 1, partisi /dev/sda1. Pilih partisi pertama untuk boot. Kemudian pilih tipe vfat untuk dijadikan partisi boot /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Pilih No agar partisi EFI tidak terhapus, sebab metode pemasangan bersama linux lain ini mempertahankan partisi EFI yang sebelumnya.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 2, partisi /dev/sda4. Pilih partisi keempat untuk dijadikan sistem root /. Kemudian pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi root.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system root baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 3, partisi /dev/sda3. Pilih partisi ketiga untuk dijadikan /home. Pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi home. Ini tergantung dari tipe partisi sebelumnya, bisa menggunakan Ext4 atau F2fs.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /home.

    LangitKetujuh Install

    ⚠️ Khusus partisi /home

    Pilih No agar partisi home tidak terhapus, sebab metode pemasangan bersama linux lain ini mempertahankan partisi home yang sebelumnya.

    LangitKetujuh Install

    Jika sudah selesai pilih Done.

Settings

Pilih Settings untuk melihat ringkasan pengaturan pemasangan yang akan dijalankan.

LangitKetujuh Install

Gulir ke bawah akan mendapati pengaturan partisinya. Pada bagian MOUNTPONT, nilai 1 artinya partisi akan diformat dan 0 partisi dibiarkan tetap.

Tekan Exit untuk keluar dari ringkasan pengaturan.

Install

Jika sudah yakin, Pilih Install dan OK untuk melanjutkan operasi pemasangan. Pilih Yes untuk memformat partisi sesuai pangaturan yang sudah diringkas pengaturan Settings sebelumnya.

⚠️ Adanya penghapusan partisi jika tertulis NEW FILESYSTEM

Tunggu proses hingga selesai hingga ada perintah untuk melakukan reboot. Pilih Yes untuk reboot. Setelah mesin mati, cabut flasdisk agar tidak kembali ke mode Live USB.

Deteksi Distro Linux lain

Cara dibawah ini tidak perlu dilakukan sebab LangitKetujuh OS akan mendeteksi sistem operasi lain secara otomatis jika proses update sistem selesai dijalankan.

Setelah di restart kemudian masuk ke desktop LangitKetujuh.

Buka /etc/default/grub. Tambahkan teks ini diakhir. GRUB_DISABLE_OS_PROBER=false, Lalu simpan.

Agar mendeteksi distro lain gunakan os-prober.

doas os-prober
doas update-grub

Kemudian restart kembali, maka tampilan grub akan mendeteksi dual boot dengan distro linux lain.

Selesai.

Dual Boot Bersama Windows

Metode

Pemasangan dual boot dengan windows adalah menjadikan LangitKetujuh akan menjadi sistem operasi kedua. Dengan menggunakan partisi /boot atau /boot/efi lama jika ada.

Menyiapkan partisi baru

Gunakan KDE Partition, GParted, GNOME Disk, cfdisk atau alat pemartisi lainnya. Lalu resize ruang partisi yang ada untuk digunakan partisi sistem LangitKetujuh.

Ruang diskaMinimalDisarankan
Lite10 GiB25 Gib
Pro20 GiB40 Gib
lsblk -o NAME,TYPE,FSTYPE,SIZE,LABEL
  • Skema partisi lama.

    NAME   TYPE FSTYPE    SIZE LABEL
    sda    disk           498G
    ├─sda1 part ntfs       50M System Reserved
    ├─sda2 part ntfs      498M
    └─sda3 part ntfs      497G windows
    
  • Skema partisi baru. Pemartisian dengan Disk Management Windows dengan menambahkan partisi baru 40G dan 160G.

    NAME   TYPE FSTYPE    SIZE LABEL
    sda    disk           498G
    ├─sda1 part ntfs       50M System Reserved
    ├─sda2 part ntfs      498M
    ├─sda3 part ntfs      297G windows
    ├─sda4 part ext4       40G
    └─sda5 part ext4      160G
    

Sebagai contoh, terdapat partisi baru yaitu sda4 dengan ukuran 40G yang nantinya akan dijadikan partisi / untuk LangitKetujuh. Sedangkan partisi /home menggunakan sda5 dengan partisi baru jika memungkinkan.

Pemasangan

Aplikasi pemasang di LangitKetujuh OS tidak menggunakan GUI, tetapi menggunakan Ncurses CLI. Sehingga navigasinya menggunakan arah panah ⬆️ ➡️ ⬇️ ⬅️, tab dan enter di keyboard. Buka aplikasi konsole di menu, kemudian ketik perintah berikut untuk menuju pemasang LangitKetujuh OS.

doas langitketujuh-install

Kata sandinya: langitketujuh

LangitKetujuh Install

Tekan Enter untuk melanjutkan ke pemasangan. Anda akan melihat langkah demi langkah tahapan yang harus diselesaikan. Seperti Keyboard, Network, Source, Hostname hingga ke Install.

LangitKetujuh Install

Keyboard

Pilih us untuk jenis papan ketik qwerty.

LangitKetujuh Install

Network

Lewati tahap ini karena pemasangan sebaiknya dilakukan secara offline. Jika terlanjur terklik, pilih Back untuk kembali.

Source

Pilih Local untuk pemasangan offline agar lebih cepat prosesnya.

LangitKetujuh Install

Hostname

Hostname ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama brand komputer, nama website, atau nama keluarga. Contohnya studio, langitketujuh, linux, dsb.

LangitKetujuh Install

Locale

Pilih en_US.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Inggris. Atau id_ID.UTF-8 untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

LangitKetujuh Install

Timezone

Pilih zona waktu benua yang dikehendaki, misalnya Asia.

LangitKetujuh Install

Selanjutnya pilih zona waktu kota, misalnya Jakarta untuk zona waktu WIB. Anda juga dapat memilih zona waktu lainnya seperti Makassar untuk WITA atau Jayapura untuk WIT.

LangitKetujuh Install

Root Password

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

🔔 Gunakan kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf sekitar 5 karakter.

LangitKetujuh Install

Kemudian ulangi lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

User Account

Nama pengguna primer/utama ditulis dengan huruf kecil. Bisa menggunakan nama panggilan. Contohnya myusuf, hervy, aziz, aris dsb.

LangitKetujuh Install

Kemudian tulis nama pengguna untuk login. Bisa menggunakan huruf kapital dan spasi. Misalnya Muhammad Yusuf, Hervy Qurrotul, LangitKetujuh Studio dsb.

LangitKetujuh Install

Masukkan kata sandi yang unik dan mudah diingat.

LangitKetujuh Install

Kemudian ketik lagi kata sandi yang sama untuk klarifikasi.

LangitKetujuh Install

Untuk "group membership" lewati saja dengan memilih OK.

LangitKetujuh Install

BootLoader

Bootloader tergantung dari letak disk yang akan di partisi sebagai sistem root /. Biasanya menggunakan dari disk utama /dev/sda. Sebagai contoh /dev/sda SSD dengan ukuran 120GB.

LangitKetujuh Install

Pada dialog use graphical boot loader pilih Yes.

LangitKetujuh Install

Partition

⚠️ Cadangkan data Hardisk Anda

Ketika merubah, mengganti, menambah dan mengurangi partisi. Sebaiknya Anda sudah mencadangkan ke disk eksternal atau cloud agar aman jika terjadi kesalahan teknis. Mohon tidak melanjutkan jika Anda tidak yakin dengan apa yang dilakukan.

Abaikan jika sudah melakukan pemartisian diawal, lalu lanjut ke tahap Filesystems. Jika belum diatur partisinya, pilih /dev/sda (disk saat ini). Kemudian pilih OK.

LangitKetujuh Install

Pilih cfdisk sebagai perkakas partisinya.

LangitKetujuh Install

Muncul peringatan pemilihan file system untuk partisi boot, Enter untuk melanjutkan.

LangitKetujuh Install

Dengan cfdisk, Anda dapat mengatur partisinya seperti menambah partisi dengan memilih New, menghapus dengan memilih Delete, merubah ukuran dengan Resize dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan partisi yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah contoh skema partisi yang kami sarankan.

  • Legacy (dos/mbr)

    Nama DiskBootableJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda4*40linuxBaru
    /dev/sda5160GlinuxBaru
  • UEFI (gpt)

    Nama DiskJumlahTipeKondisi partisi
    /dev/sda2512MEfiLama
    /dev/sda440linuxBaru
    /dev/sda5160GlinuxBaru
    • Baru = Partisinya diformat
    • Lama = Partisinya tidak diformat
    • Partisi sda1 akan digunakan sebagai /boot atau /boot/efi.

Jumlah gigabyte dari /dev/sda5 bisa ditulis dari sisa kapasitas hardisk yang ada atau disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Jika sudah yakin, pilih write lalu ketik yes. Kemudian pilih quit untuk keluar.

LangitKetujuh Install

Filesystems

🔔 Khusus SSD untuk bagian partisi root disarankan menggunakan F2fs, sedangkan HDD menggunakan XFS, Btrfs atau Ext4.

Filesystem akan menentukan setiap partisi untuk digunakan dalam mountpoint hirarki sistem operasi. Umumnya terdiri dari 3 mountpoint, yaitu:

  1. /boot atau /boot/efi
  2. /
  3. /home

Berdasarkan skema partisi diatas maka mountpoint filesystem akan seperti berikut ini.

  • sda1 Dilewati karena partisi system reserved windows. Tidak diformat.
  • sda2 Khusus UEFI, akan dijadikan partisi /boot/efi. Tidak diformat.
  • sda3 Dilewati karena partisi sistem windows (localdisk:C). Tidak diformat.
  • sda4 Partisi baru untuk sistem (/). Diformat.
  • sda5 Partisi baru untuk penyimpanan data (/home). Diformat.

Sedangkan untuk pemilihan mountpoint akan terlihat seperti berikut ini.

  • Legacy (dos/mbr)

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda4Xfs/yes
    /dev/sda5Ext4/homeyes
  • UEFI (gpt)

    Nama DiskTipe PartisiMount PointNew Filesystems (Format)
    /dev/sda2Vfat/boot/efino
    /dev/sda4Xfs/yes
    /dev/sda5Ext4/homeyes

Pada cuplikan gambar dibawah ini merupakan contoh skema partisi dengan menggunakan SSD di mode UEFI.

  • Bagian 1, partisi /dev/sda2. Pilih partisi pertama untuk boot. Kemudian pilih tipe vfat untuk dijadikan partisi boot /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /boot/efi.

    LangitKetujuh Install

    Pilih No agar partisi EFI tidak terhapus, sebab metode pemasangan bersama windows ini mempertahankan partisi EFI yang sebelumnya.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 2, partisi /dev/sda4. Pilih partisi keempat untuk dijadikan sistem root /. Kemudian pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi root.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system root baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

  • Bagian 3, partisi /dev/sda5. Pilih partisi kelima untuk dijadikan /home. Kemudian pilih tipe f2fs untuk SSD di partisi root.

    LangitKetujuh Install

    Ketik mount point yang dikehendaki, yaitu /home.

    LangitKetujuh Install

    Pilih untuk membuat file system home baru. Hal ini akan menghapus partisi tersebut.

    LangitKetujuh Install

    Jika sudah selesai pilih Done.

Settings

Pilih Settings untuk melihat ringkasan pengaturan pemasangan yang akan dijalankan.

LangitKetujuh Install

Gulir ke bawah akan mendapati pengaturan partisinya. Pada bagian MOUNTPONT, nilai 1 artinya partisi akan diformat dan 0 partisi dibiarkan tetap.

Tekan Exit untuk keluar dari ringkasan pengaturan.

Install

Jika sudah yakin, Pilih Install dan OK untuk melanjutkan operasi pemasangan. Pilih Yes untuk memformat partisi sesuai pangaturan yang sudah diringkas pengaturan Settings sebelumnya.

⚠️ Adanya penghapusan partisi jika tertulis NEW FILESYSTEM

Tunggu proses hingga selesai hingga ada perintah untuk melakukan reboot. Pilih Yes untuk reboot. Setelah mesin mati, cabut flasdisk agar tidak kembali ke mode Live USB.

Deteksi Windows

Cara dibawah ini tidak perlu dilakukan sebab LangitKetujuh OS akan mendeteksi sistem operasi lain secara otomatis jika proses update sistem selesai dijalankan.

Setelah di restart kemudian masuk ke desktop LangitKetujuh.

Buka /etc/default/grub. Tambahkan teks ini diakhir. GRUB_DISABLE_OS_PROBER=false, Lalu simpan.

Agar mendeteksi distro lain gunakan os-prober.

doas os-prober
doas update-grub

Kemudian restart kembali, maka tampilan grub akan mendeteksi dual boot dengan Windows.

Selesai.

Konfigurasi

Pada tahap ini membahas konfigurasi setelah memasang sistem operasi LangitKetujuh. Seperti pengaturan tanggal dan optimasi desktop.

Tanggal dan Waktu

NTP Daemon

LangitKetujuh secara bawaan mengaktifkan layanan ntpd untuk sinkronisasi waktu secara otomatis sesuai dengan zona waktu setempat ketika tersambung dengan internet.

Cek layanan ntpd: doas vsv status ntpd

Dual Boot Windows

Pengaturan waktu di LangitKetujuh menggunakan UTC. Sedangkan Windows menggunakan RTC atau yang disebut dengan localtime. Jika dualboot dengan windows, akan terjadi konflik pengaturan tanggal dan waktu di sistem operasi LangitKetujuh.

Untuk mengatasi konflik, yaitu dengan menyamakan semua sistem waktu menggunakan UTC atau localtime. Solusi termudahnya adalah dengan merubah LangitKetujuh ke localtime.

Buka berkas /etc/rc.conf dengan teks editor (misalnya kate). Ganti #HARDWARECLOCK=UTC. Menjadi HARDWARECLOCK=localtime (hapus tanda pagarnya).

Selanjutnya menonaktifkan fitur layanan ntpd dengan cara: doas rm /var/service/ntpd.

Krunner Bar Pencarian

Mengurangi Addons

Beberapa plugins tambahan di launcher menu KDE Plasma rasanya terlalu banyak, sehingga ketika membuka menu lebih lama munculnya. Agar lebih ringan, solusinya yaitu dengan menonaktifkan plugin tambahan yang tidak diperlukan di pengaturan Krunner.

Saran kami dibagian Available Plugins aktifkan 5 plugin saja, antara lain:

  • Applications
  • Command line
  • Kate Sessions
  • Plasma Desktop Shell
  • System Settings

LangitKetujuh Krunner

Dengan berkurangnya plugin tambahan Krunner akan mempercepat durasi buka menu dan menghindari terjadinya galat plasma-shell.

KDE Plasma

Mengosongkan sesi awal

  • Buka System Settings.
  • Pilih Startup and shutdown > Pilh Desktop session.
  • Pada pilihan when logging in, pilih Start with an empty session.
  • Klik Apply.

Mengganti Tema Plasma

  • Buka di menu Global Theme.
  • Pilih tema Langitketujuh atau tema yang diinginkan.
  • Klik Apply.

Mengganti Tema GTK

  • Buka di menu Global Theme.
  • Pilih Application Style
  • Klik Configure GNOME/GTK Application Style.
  • Pilih GTK Theme Breeze atau tema yang Anda inginkan.
  • Klik Apply.

Mengganti Bahasa

  • Buka System Settings.
  • Pilh Regional Settings > Pilih Languages.
  • Klik Add Languages, tambahkan Bahasa yang diinginkan.
  • Klik bahasa yang dipilih, klik ikon Promote to default.
  • Klik Apply.
  • Efek pindah bahasa akan tampak setelah logout atau restart.

Menambahkan Layout Bahasa

  • Buka System Settings.
  • Pilih Input Devices > Keyboard > Pilih tab Layout.
  • Tambahkan layout dengan klik +Add.
  • Sebagai contoh, ganti Any language menjadi Arabic, Variant: Arabic (Buckwalter).
  • Pilih Preview untuk melihat tata letak.
  • Jika sudah sesuai, klik OK dan Apply.

Anda akan melihat layout bahasa di bagian panel bawah. Untuk mengganti antar layout, tekan ctrl+alt+k.

Perintah Dasar

Pada tahap ini menjelaskan perintah dasar yang harus diketahui untuk pengguna sistem operasi LangitKetujuh. Seperti cara memasang aplikasi, mencari, menghapus, melihat info, melihat layanan yang aktif dan sebagainya.

Manajemen Paket

Perintah dasar

Perintah dasar di Langitketujuh memanfaatkan fitur singkatan (abbreviations) pada fish shell untuk mempercepat mengetik perintah yang sebenarnya. Misalnya, ketika mengetik sync akan berubah secara otomatis menjadi doas xbps-install -S. Demikian pula perintah lainnya yang seperti dibawah ini.

PerintahContohFungsi
syncMemperbarui basis data repositori.
updateMemperbarui aplikasi dan depedensi.
get paketget gimpMemasang aplikasi.
search paketsearch gimpMencari aplikasi berdasarkan basis data.
remove paketremove gimpMenghapus aplikasi.
info paketinfo gimpInformasi dari aplikasi yang terpasang.
filelist paketfilelist gimpDaftar isi dari aplikasi/depedensi
autocleanMenghapus cache depedensi versi lama.
repolistMelihat daftar repository.
llMelihat daftar direktori dan berkas.
ffMembuat ulang cache fonta.
diskMelihat struktur sistem partisi.

Gunakan arah panah atas/bawah untuk mencari histori perintah terminal. Dan arah kanan untuk melanjutkan perintah yang sudah pernah diketik sebelumnya.

Meta paket

Beberapa paket sudah kami kategorikan dengan meta paket seperti kompiler, codec audio dan video, wine emulator dan lain-lain. Paket ini diawali dengan l7-pkg-.

PaketFungsi
l7-pkg-codecCodec audio dan video
l7-pkg-compressAlat kompresi seperti zip dan tar
l7-pkg-compilerPengkompil aplikasi
l7-pkg-kdeKDE Plasma Lingkungan desktop
l7-pkg-kde-appsAplikasi KDE Plasma Lingkungan desktop
l7-pkg-lampLAMP Web server
l7-pkg-rustPemrograman Rust dan kompiler
l7-pkg-xorgX.org Window System
l7-pkg-wineWine penggerak aplikasi Windows. Lebih lanjut.

Contoh penggunaan:

  • Memasang wine :doas xbps-install l7-pkg-wine
  • Memasang beberapa paket: doas xbps-install l7-pkg-{codec,kde,kde-apps}

VPSM Xbps-src Wrapper

VPSM pada umumnya digunakan untuk memasang aplikasi nonfree saja, jika aplikasi yang Anda maksud ada di dalam repo utama maka sebaiknya jangan pakai VPSM. Cek aplikasi Anda dengan search namaaplikasi. Jika tersedia, gunakan get namaaplikasi untuk memasangnya.

VPSM merupakan wrapper xbps-src agar lebih ringkas memasang atau kompil suatu aplikasi, baik yang free maupun yang nonfree restricted. Hal ini cukup mudah menggunakan vpsm dari pada memasang aplikasi sesuai readme docs di xbps-src.

Vpsm Config

Jalankan perintah ini untuk membuat boostrap vpsm. Anda diharuskan melakukan ini untuk awal pemasangan.

vpsm_config

Tunggu sampai proses selesai.

Perintah dasar vpsm

PerintahContohFungsi
vpsm i <packages>vpsm i zoommemasang aplikasi (install)
vpsm ss <string>vpsm ss artmencari aplikasi dengan kata kunci
vpsm un <packages>vpsm un zoommenghapus aplikasi (uninstall)
vpsm sw <packages>vpsm sw inkscapemencari informasi aplikasi
vpsm upr-update repositori
vpsm bu-update bootstrap

Lebih lengkapnya man vpsm.

Daftar aplikasi yang sering dipasang

PerintahAplikasi
vpsm i msttcorefontsMicrosoft Font
vpsm i android-studioAndroid Studio
vpsm i anydeskAnydesk
vpsm i brother-brscan4Brother scan driver
vpsm i discordDiscord
vpsm i epson-inkjet2Epson inkjet 2 printer driver
vpsm i google-earth-proGoogle Earth Pro
vpsm i google-chromeGoogle chrome
vpsm i operaOpera browser
vpsm i protonmail-bridgeProtonmail Bridge
vpsm i slack-desktopSlack-desktop
vpsm i spotifySpotify
vpsm i sublime-text4Sublime Text 4 Editor
vpsm i teams-binMicrosoft Teams
vpsm i wps-officeWPS Office
vpsm i vivaldiVivaldi Browser
vpsm i zoomZoom

Selebihnya Anda dapat mencari aplikasi lain dengan vpsm ss katakunci

Pengaturan Layanan

Fungsi layanan

sv merupakan salah satu manajemen init dari runit untuk pengganti Systemd. Tujuan sv untuk mengontrol layanan seperti melihat satus, mengaktifkan, menghapus, memberhentikan dan menyalakan ulang.

Sedangkan vsv memiliki fungsi yang sama dengan sv namun lebih mudah dan sederhana.

Daftar layanan yang aktif

doas vsv

Atau

doas sv status /var/service/*

Daftar layanan yang tersedia

ls /etc/sv/* -lah

Semua layanan tersedia di dalam direktori /etc/sv/.

Status layanan

doas sv status <service>

Contoh:

doas sv status NetworkManager

Mengaktifkan layanan

doas ln -s /etc/sv/<layanan> /var/service/

Contoh:

doas ln -s /etc/sv/dbus /var/service/

Menonaktifkan layanan

doas rm /var/service/<layanan>

Contoh:

doas rm /var/service/tlp

Jenis Shell

LangitKetujuh untuk pengguna normal secara bawaan menggunakan fish-shell sebagai shell utamanya. Tetapi Anda bisa juga menggunakan shell lain seperti bash, ion, zsh dan sebagainya.

Periksa shell apa yang Anda gunakan dengan echo $SHELL. Cek ketersediaan shell yang ada di sistem dengan chsh -l.

Menjalankan bash

bash

Mengganti fish-shell ke bash secara permanen

doas chsh -s /usr/bin/bash $USER

Kemudian logout atau reboot.

Jenis Layanan

Pada tahap ini menjelaskan layanan (service) apa saja yang berjalan di LangitKetujuh. Mengatur layanan dan jenis-jenis layanan yang aktif.

EarlyOOM Anti Hang

Fungsi layanan

EarlyOOM berfungsi untuk menghentikan paksa proses yang memungkinkan membuat hang komputer. Jika sisa memori bebas sekitar 10% maka aplikasi yang sengaja membuat memori penuh akan tereliminasi secara otomatis. Secara bawaan layanan EarlyOOM sudah aktf.

Manfaat lainnya untuk menghindari mematikan mesin secara paksa ketika PC/Laptop tidak merespon/hang. Hal ini juga untuk menghindari bad sector SSD/HDD.

Memasang earlyoom daemon

doas xbps-install earlyoom

Melihat status earlyoom

doas sv status earlyoom

Mengaktifkan earlyoom

Secara bawaan earlyoom sudah aktif

doas ln -s /etc/sv/earlyoom /var/service/

Menonaktifkan earlyoom

doas rm /var/service/earlyoom

Menjalankan ulang earlyoom

doas sv restart earlyoom

Menghapus earlyoom daemon

doas xbps-remove -R earlyoom

TLP Power Manajemen

Fungsi layanan

TLP Mengatur power management agar penggunaan baterai laptop lebih hemat efisien. Anda tidak perlu mengkonfigurasi ulang, cukup pasang dan lupakan. TLP sendiri sudah menggunakan konfigurasi yang sudah diimplementasikan Powertop secara out of the box.

Memasang TLP daemon

doas xbps-install tlp tlp-rdw

Melihat status tlp

doas sv status tlp

Mengaktifkan tlp

Secara bawaan tlp sudah aktif

doas ln -s /etc/sv/tlp /var/service/

Menonaktifkan tlp

doas rm /var/service/tlp

Menjalankan ulang tlp

doas sv restart tlp

Menghapus TLP daemon

doas xbps-remove -R tlp tlp-rdw

Zramen Pengatur ZRAM

Fungsi layanan

Zramen untuk pengatur ZRAM. ZRAM sendiri untuk menambahkan swap di memori fisik secara terkompresi. Dengan ZRAM akan menambah memori 25% dari memori fisik. Secara bawaan layanan zramen sudah aktf.

Jika RAM fisik memiliki ukuran yang cukup besar, maka layanan zramen dinonaktifkan saja dan fokus di RAM fisik.

Memasang zramen daemon

doas xbps-install zramen

Melihat status zramen

doas sv status zramen

Mengaktifkan zramen

Secara bawaan zramen sudah aktif

doas ln -s /etc/sv/zramen /var/service/

Menonaktifkan zramen

doas rm /var/service/zramen

Menjalankan ulang zramen

doas sv restart zramen

Menghapus zramen daemon

doas xbps-remove -R zramen

Driver

Pada tahap ini memasang driver tambahan seperti Printer dan GPU Nvidia apabila dibutuhkan.

AMD GPU Driver

Firmware

LangitKetujuh sudah memasukkan firmware linux-firmware-amd sehingga perangkat keras AMD GPU sudah mendukung.

Xorg System

LangitKetujuh juga sudah memasukkan meta paket xf86-video-amdgpu xf86-video-ati mesa-ati-dri untuk dukungan Xorg system.

Vulkan

Pemasangan Vulkan sebagai berikut.

doas xbps-install -S Vulkan-Headers Vulkan-Tools Vulkan-ValidationLayers libspa-vulkan mesa-vulkan-overlay-layer vkBasalt vkd3d amdvlk

Cek informasi vulkan dengan sistem saat ini.

vulkaninfo

Vulkan secara bawaan belum terpasang untuk LangitKetujuh versi 20210921 ke bawah, sedangkan versi di selanjutnya sudah terpasang otomatis.

Vulkan Multilib

Jika ingin menambahkan vulkan 32bit khusus untuk arsitektur x86_64, aktifkan dahulu repositori multilib void-repo-multilib.

doas xbps-install void-repo-multilib

Kemudian pasang mesa vulkan-loader dan mesa-vulkan 32bit.

doas xbps-install -S vulkan-loader-32bit mesa-vulkan-intel-32bit mesa-vulkan-radeon-32bit

Nvidia GPU Driver

Nouveau

nouveau (Open Source Nvidia Driver) di maintenance oleh komunitas dengan dokumentasi yang disediakan oleh Nvidia. Secara bawaan sistem LangitKetujuh sudah memasang driver nouveau.

Cek driver kartu grafis Anda dengan inxi

inxi -G

Misalnya driver:nouveau maka saat ini kartu grafis yang digunakan adalah nouveau.

Nvidia

Nvidia (Driver propietary) hanya bisa dipasang oleh sistem Glibc. Sebab driver propietary tidak bisa diporting ke arsitektur libc lain (seperti musl), kecuali vendornya sendiri yang merilisnya. Secara bawaan LangitKetujuh sudah mengaktifkan repositori nonfree namun tidak menambahkan aplikasi nonfree (tidak bebas).

Cara memasang Nvidia, periksa dahulu tipe Nvidia.

inxi -G

Pasang dengan menyesuaikan tipe kartu grafis Nvidia

PerintahNvidia Versi
doas xbps-install nvidia390Nvidia Seri 400/500
doas xbps-install nvidiaNvidia Seri 600 keatas

Jika Driver Nvidia Anda termasuk driver legacy maka gunakan nvidia390. Jenis-jenis driver Nvidia legacy bisa dilihat di tautan Driver Nvidia Legacy ini.

Hati-hati memilih versi Nvidia, jika salah versi kemungkinan akan blackscreen.

Blacklist nouveau

Tambahkan baris dibawah ini.

#blacklist nouveau

Masukkan ke dalam berkas:

/etc/modprobe.d/nouveau_blacklist.conf
/usr/lib/modprobe.d/nvidia.conf
/usr/lib/modprobe.d/nvidia-dkms.conf

Broadcom Network Driver

Cek kartu wifi Anda dengan menjalankan konsole perintah ini.

inxi -Nxxx

Jika keluaran yang dihasilkan adalah seperti ini Network: Device 1: Broadcom BCMxxx ... untuk beberapa tipe Broadcom tertentu terkadang tidak dapat terdeteksi.

Untuk mengatasi hal tersebut, di dalam repositori voidlinux sudah menyediakan driver Broadcom versi dkms kemudian dipasang. Namun sebelum memasang driver broadcom dkms Anda perlu menggunakan koneksi tethering melalui kabel USB atau dengan menggunakan kabel jaringan LAN jika ada.

Setelah ada koneksi internet untuk sementara, jalankan perintah dibawah ini.

doas xbps-install -S broadcom-wl-dkms

Kemudian reboot.

Kemungkinan masalah lainnya yaitu meskipun sudah terdeteksi, terkadang Broadcom sulit untuk menyambungkan ke jaringan. Jadi sebisa mungkin untuk menyambungkan dan putuskan jaringan (connect/disconnect) untuk beberapa kali sampai benar-benar tersambung.

Pen Tablet

Wacom Driver

Secara bawaan LangitKetujuh sudah memasukkan driver Wacom. Anda hanya perlu menancapkan ke port USB saja. Pen tablet Wacom memiliki fitur lebih, yaitu dapat diintegrasikan langsung dengan pengaturan KDE. Buka bagian System Settings > Bagian Hardware Input Device > Graphic Tablet. Dengan pengaturan tersebut, Anda dapat memodifikasi tombol dan mengatur sensitifitas (pressure) pen tablet.

Pen Tablet LangitKetujuh OS

Digimend Driver

Beberapa vendor pen tablet memerlukan driver khusus yang menggunakan Digimend Driver. Seperti Huion, KYE, Polostar, UC-Logic, UGTizer, Ugee, ViewSonic, Waltop, XP-Pen, dan Yiynova. Untuk mendukung pen tablet tersebut, Anda harus memasangnya dengan menjalankan perintah ini.

doas xbps-install -S digimend-kernel-drivers

Tipe pen tablet yang didukung oleh Digimend Anda dapat melihatnya di daftar pen tablet Digimend. Namun ada beberapa tipe pen tablet tidak didukung sepenuhnya seperti VEIKK (A30) dan Huion tipe tertentu (G10T & GC610).

Untuk kedepannya, LangitKetujuh diatas versi 20210921 sudah memasukkan Digimend driver.

Kompatibilitas

Kami menyarankan sebelum menggunakan/membeli produk pen tablet, lebih baik menggunakan pen tablet yang memiliki kompatibilitas yang tinggi. Seperti memilih pen tablet merek wacom yang mudah digunakan, tinggal dicolokkan ke port usb dan langsung tersambung secara otomatis. Terlebih lagi memiliki integrasi dengan pengaturan sistem di KDE Plasma.

Printer & Scanner Driver

Epson Printer

Driver Printer Epson (epson-inkjet-printer-escpr) sudah terpasang secara otomatis, ditancapkan kabel port USB printer kemudian tambahkan ke pengaturan sistem printer.

Epson Scanner

Driver Epson Scanner dipasang dengan cara:

doas xbps-install imagescan iscan-data

HP Printer

Anda dapat melihat model printer HP yang didukung oleh hplip di tautan ini. Driver printer HP versi cli sudah terpasang secara otomatis, namun jika ingin memasang versi GUI maka ketik perintah berikut ini:

Menghapus versi cli.

doas xbps-remove -R hplip

Memasang versi gui.

doas xbps-install hplip-gui

Kemudian tambahkan ke pengaturan sistem printer.

Canon Printer

Driver Printer Canon hanya bisa dipasang untuk edisi glibc saja. Karena propietary, sehingga tidak bisa diporting ke musl. Cara memasang driver printer Canon:

doas xbps-install cnijfilter2

Kemudian tambahkan ke pengaturan sistem printer.

Brother Printer

Pasang Driver printer brother.

doas xbps-install brother-brlaser

Beberapa driver hanya tersedia di glibc saja, karena driver yang tidak bebas.

PerintahDeskripsi
doas xbps-install brother-brscan3SANE scanner driver for brscan3-compatible Brother scanners
doas xbps-install brother-brscan4SANE scanner driver for brscan4-compatible printers
doas xbps-install brother-dcp197c-cupswrapperCUPS wrapper driver for the brother DCP-197C printer/scanner
doas xbps-install brother-dcp197c-lprLPR driver for the brother DCP-197C printer/scanner

Kemudian tambahkan ke pengaturan sistem printer.

Open Printing

Secara bawaan openprinting foomatic sudah terpasang secara otomatis kecuali db-nonfree. Untuk memasangnya ketik:

doas xbps-install foomatic-db-nonfree

Pengaturan Sistem Printer

Setelah driver terpasang, langkah selanjutnya konfigurasi printer di pengaturan sistem.

  • Tancapkan kabel printer ke port USB.
  • Buka menu Printers.
  • Klik Click here to add a new printer.
  • Muncul dialog password CUPS. Masukkan kata sandi root.
  • Pilih jenis printer. Klik Next.
  • Isikan Nama dan deskripsi, atau biarkan saja sesuai bawaannya. Kemudian klik Finish.

Aplikasi

Pada tahap ini menjelaskan tentang beberapa aplikasi yang membuat produktif dan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tertentu. Seperti penggunaan perintah dasar menggunakan fish shell, cara memasang aplikasi dengan flatpak, exporter dari svg, screen mirroring, memasang aplikasi nonfree dengan vpsm dan sebagainya.

L7 Tools Pemasang

Fungsi Aplikasi

L7-tools merupakan alat CLI untuk melakukan konfigurasi sistem seperti pembaruan, chroot mode, memasang grub, fiksasi boot order dan lain-lain.

Misalnya:

  • Memasang grub: doas l7-tools --grub
  • Memperbarui sistem: doas l7-tools --update
  • Masuk ke mode chroot: doas l7-tools --chroot
  • Memasang pengguna baru: doas l7-tools --user

Selengkapnya l7-tools -h.

➜  ~ l7-tools -h

LangitKetujuh Tools
Configuring tool and installing third-party

license : GPL-2.0-only
usage   : l7-tools [option]
option  :
          --chroot      -c    chroot mode
          --downgrade   -d    downgrade & uninstall program
          --grub        -g    install grub
          --patch       -p    reinstall patch
          --remote      -r    remote from terminal
          --update      -u    update system
          --user        -m    create new user
          --help        -h    show this help
          --version     -v    show l7-tools version

L7 Export dari ID Svg

Fungsi aplikasi

L7 Export merupakan fork dari inkporter-cli yang berfungsi sebagai pengekspor id objek yang telah ditentukan dari inkscape.

Fitur

  • Mendukung Ekspor ke marketplace
  • Terdapat Validator EPS8
  • Ekspor ke berkas Eps rgb.
  • Ekspor ke berkas Ai rgb/cmyk.
  • Ekspor ke berkas Psd rgb/cmyk.
  • Ekspor ke berkas Jpg rgb/cmyk + warna profil.
  • Ekspor ke berkas Tif rgb/cmyk + warna profil.
  • Ekspor ke berkas Pdf rgb/cmyk + warna profil.
  • Ekspor ke berkas Png rgb.
  • Ekspor ke berkas Webp dan Svg.

Color Profile

Profil warna yang didukung:

  • RGB > Default (sRGB)
  • CMYK > Krita (Chemical proof)
  • CMYK > Generic (SWOP2006 Coated3v2)
  • CMYK > Corel (Japan Color 2001 Coated)
  • CMYK > Adobe (U.S. Web Coated (SWOP) v2)

Ekspor Marketplace

Sederhananya fitur ini mengekspor id objek inkscape menjadi berkas siap upload. Marketplace tersebut antara lain:

  • (EPS + PNG).zip
  • (EPS + JPG).zip
  • EPS.zip + JPG
  • EPS.zip + PNG
  • EPS + JPG
  • EPS
  • SVG

In syaa Allah akan ada pembaruan secara berkala.

Validator EPS8

Fitur ini untuk memeriksa objek-objek yang tidak didukung EPS8. Misalnya transparansi, filter efek, teks, objek dan stroke yang belum dikonversi. Dengan demikian objek yang tersebut dapat direvisi sampai valid untuk di ekspor ke pilihan Marketplace. Pastinya lebih aman dan bebas dari hasil raster EPS.

Pemasangan

Secara bawaan sudah ada di Langitketujuh OS tinggal menambah color profile saja

doas l7-export --install

Sedangkan untuk linux lain seperti Ubuntu, Debian, openSUSE, Arch, Fedora, Void dan derivatifnya. Jalankan perintah ini

sudo curl "https://langitketujuh.id/sh/l7-export" | sudo bash
sudo l7-export --install

Penggunaan

  • Berikan ID setiap objek di inkscape
  • Buka Konsole (terminal emulator) di direktori yang sama. Dengan cara klik kanan, klik "Open Terminal Here"
  • Masukkan perintah dibawah ini
l7-export namaberkas.svg namaID

DroidCam Wireless Webcam

Deskripsi

Perangkat lunak ini bertujuan untuk menghubungkan kamera di smartphone/tablet melalui jaringan untuk dijadikan kamera utama untuk aplikasi desktop, misalnya untuk OBS Studio dan perangkat lunak konferensi. Ini memudahkan pengguna agar menggunakan kamera yang lebih jernih dari pada kamera Webcam sendiri atau untuk menggantikan webcam di komputer.

Pemasangan

doas xbps-install -S droidcam l7-v4l2loopback

Cek versi kernel linux yang digunakan.

uname -r

jika hasilnya 5.15.11_1 berarti menggunakan kernel linux5.15 (diambil dari angka versi sebelum 2 titik). Lalu konfigurasi ulang kernel agar mengkompilasi ulang setiap modul.

doas xbps-reconfigure -v linux5.15 -f

Kemudian reboot.

Mengaktifkan audio (opsional)

Mengaktifkan audio di droidcam sepertinya tidak perlu karena biasanya sudah ada microphone untuk pengguna laptop, maka sebaiknya diabaikan saja. Tetapi jika Anda pengguna PC yang tidak memiliki microphone dan ingin mengaktifkan audio di droidcam, maka aktifkan modul snd-aloopdengan cara sebagai berikut:

echo "snd-aloop" | doas tee /etc/modules-load.d/snd-aloop.conf

Kemudian reboot. Khusus pengguna nvidia terkadang mengaktifkan modul snd-aloop volume suaranya tidak berfungsi, tetapi untuk intel atau amd tidak ada masalah.

Selanjutnya, buka pengaturan sistem Audio, ganti profil Analog Stereo Duplex menjadi Pro Audio. Perlu diketahui, pergantian profil Pro Audio volumenya menjadi sedikit lebih rendah dari sebelumnya.

PRO Audio Pipewire LangitKetujuh

Menjalankan DroidCam

Jalankan aplikasi android DroidCam atau DroidCamX (berbayar). Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play atau App Store.

Kemudian jalankan DroidCam di komputer. Samakan alamat IP dan port di smartphone, misalnya 192.168.0.100 port 4747. Aktifkan Enable Video dan Enable Audio (opsional), Lalu klik Connect.

DroidCAM LangitKetujuh

Pastikan video dan audionya sudah terdeteksi di statusbar bawah, sebagai contoh: Video: /dev/video10, Audio: hw:0,1,0.

Menghubungkan dengan OBS Studio

Buka OBS Studio di menu. Klik ikon + dibagian Source.

DroidCAM OBS LangitKetujuh

Pilih Video Capture Device (V4L2). Kemudian klik OK.

DroidCAM OBS LangitKetujuh

Pada bagian Device, pilih Video Source. Klik OK.

DroidCAM OBS LangitKetujuh

Hasil dari kamera wireless droidcam akan tampil. Anda dapat menambahkan ornamen dan gambar (+ > Image) di bagian source agar lebih dekoratif.

DroidCAM OBS LangitKetujuh

UFW Firewall

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.

UFW adalah singkatan dari Uncomplicated Firewall sebuah aplikasi front-end dari iptables yang ringan, powerful dan sangat mudah digunakan untuk mengatur firewall. UFW ini adalah front-end dari iptables (pengaturan Firewall tingkat lanjut). Jadi dengan kata lain ketika Anda mengatur firewall dengan UFW maka sama saja mengatur firewall di iptables.

Mengaktifkan UFW

doas ufw enable

Menonaktifkan UFW

doas ufw disable

Melihat status dan aplikasi yang difilter

doas ufw status numbered

Mengecek aplikasi yang didukung

doas ufw app list

Mengizinkan jaringan aplikasi

doas ufw allow 'APLIKASI'

Aplikasi yang disarankan untuk diizinkan

doas ufw allow 'CUPS'
doas ufw allow 'KDE Connect'
doas ufw allow 'SSH'
doas ufw allow 'VNC'

Opsional

doas ufw allow 'HPLIP'
doas ufw allow 'Ktorrent'

Mencegah jaringan aplikasi

doas ufw deny 'APLIKASI'

Menghapus daftar aplikasi

Lihat daftar aplikasi sesuai nomernya

doas ufw status numbered

Pilih aplikasi yang akan dihapus berdasarkan nomernya

doas ufw delete NOMER

Contoh:

doas ufw delete 7

Panduan lebih lengkap mengenai UFW

man ufw

Flatpak Sanboxing

Konfigurasi Flathub

flathub

Atau dengan perintah ini

flatpak remote-add --if-not-exists flathub \
https://dl.flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Memasang aplikasi

Pasang aplikasi yang Anda butuhkan. Ketik y untuk melanjutkan pemasangan aplikasi. Aplikasi lainnya bisa Anda dapatkan di website resmi flathub (https://flathub.org/).

# Discord
flatpak install flathub com.discordapp.Discord

# Gravit Designer
flatpak install flathub io.designer.GravitDesigner

# Gtk WhatsApps QT
flatpak install flathub io.bit3.WhatsAppQT

# Jitsi
flatpak install flathub org.jitsi.jitsi-meet

# Mendeley Desktop
flatpak install flathub com.elsevier.MendeleyDesktop

# Microsoft Teams
flatpak install flathub com.microsoft.Teams

# Natron
flatpak install flathub fr.natron.Natron

# NextCloud Desktop
flatpak install flathub com.nextcloud.desktopclient.nextcloud

# Olive Editor
flatpak install flathub org.olivevideoeditor.Olive

# Qgis Desktop
flatpak install flathub org.qgis.qgis

# Rocket.Chat
flatpak install flathub chat.rocket.RocketChat

# Signal Desktop
flatpak install flathub org.signal.Signal

# Slack Desktop
flatpak install flathub com.slack.Slack

# SparkleShare
flatpak install flathub org.sparkleshare.SparkleShare

# Spotify
flatpak install flathub com.spotify.Client

# Steam
flatpak install flathub com.valvesoftware.Steam

# VScodium
flatpak install flathub com.vscodium.codium

# WPS Office
flatpak install flathub com.wps.Office

# Zoom
flatpak install flathub us.zoom.Zoom

# Zotero
flatpak install flathub org.zotero.Zoter

# Zulip Desktop
flatpak install flathub org.zulip.Zulip

Mengatasi aplikasi tidak muncul di menu

Hal ini disebabkan karena LangitKetujuh menggunakan fish-shell sebagai shell bawaan. Sedangkan Flatpak belum mendukung untuk fish-shell, sehingga $XDG_DATA_DIR tidak terdeteksi oleh flatpak. Solusi pertama bisa mengganti shell ke bash secara permanen. Solusi kedua yang kami sarankan yaitu dengan menyalin berkas desktop yang seperti dibawah ini.

Salin berkas <Aplikasi>.desktops dari sini:

/var/lib/flatpak/app/<Aplikasi>/current/active/export/share/applications/

Tempelkan ke ~/.local/share/applications/. Selesai.

Kget Firefox Addons

Fungsi plugin

Bertujuan untuk mengintegrasikan aplikasi kget dengan Firefox browser.

Memasang Kget Integrator

doas curl -s https://raw.githubusercontent.com/NicolasGuilloux/KGet-Integrator/master/kget-integrator -o /usr/bin/kget-integrator
doas chmod +x /usr/bin/kget-integrator
doas curl -s https://raw.githubusercontent.com/NicolasGuilloux/KGet-Integrator/master/Conf/com.kgetdm.firefox.json -o /usr/lib/mozilla/native-messaging-hosts/com.kgetdm.firefox.json

Memasang Addons

OpenDoas Alternatif sudo

OpenDoas (lebih dikenal dengan doas) merupakan porting doas dari OpenBSD yang digunakan sebagai alternatif sudo. 95% kode sumber dasar, berfungsi selayaknya sudo. Dengan doas pengeksekusi perintah di sistem bisa lebih cepat dan sederhana.

Di dalam paket l7-opendoas terdapat konfigurasi tambahan yang siap pakai (/etc/doas.conf). Manfaat doas tentunya untuk melewati kata sandi dan mempercepat alur kerja xbps seperti memperbarui, mengkonfigurasi, memasang dan menghapus aplikasi. Kini kami menggunakan doas sebagai alternatif sudo.

Hal pertama untuk pemasangan doas adalah dengan memperbarui l7-tools.

get -S l7-tools

Kemudian reboot.

Dengan l7-tools terbaru secara otomatis sudah menerapkan doas sebagai eksekutornya dan doas serta konfigurasinya akan terpasang juga. Namun autokomplit fish masih belum terupdate untuk LangitKetujuh OS 20210921 dan versi sebelumnya. Anda sebaiknya mengikuti juga panduan dibawah ini.

Memperbarui autokomplit doas

Jika autokomplit yang digunakan masih sudo, maka Anda perlu menggantinya dengan doas di variabel autokomplit Fish shell.

cd ~/.config/fish/
mv fish_variables fish_variables.bak # untuk backup
cp -iv /etc/skel/.config/fish/fish_variables ~/.config/fish/

Mengganti history perintah sudo menjadi doas

Perintah yang sebelumnya pernah dieksekusi atau history yang menggunakan sudo, disarankan diganti menjadi doas. Sekalian hapus juga singkatan yang tidak diperlukan.

abbr --erase su

Sebagai opsional, jika ingin mengganti teks sudo menjadi doas.

abbr --add sudo 'doas'

Lalu ganti history sudo menjadi doas secara menyeluruh.

sed -i 's/sudo/doas/' ~/.local/share/fish/fish_history
sed -i 's/sudo/doas/' ~/.bash_history

PipeWire Audio Server

PipeWire merupakan kerangka kerja multimedia tingkat rendah yang baru. Ini bertujuan untuk menawarkan pengambilan dan pemutaran audio dan video dengan latensi yang minimal dan dukungan untuk aplikasi berbasis PulseAudio, JACK, ALSA dan GStreamer.

Memasang PipeWire

Hapus PulseAudio.

doas xbps-remove -R pulseaudio alsa-plugins-pulseaudio

Pasang PipeWire.

doas xbps-install -S pipewire alsa-pipewire libjack-pipewire libspa-bluetooth gstreamer1-pipewire l7-pipewire

Jika mengaktifkan layanan pulseaudio maka hapus dahulu, tetapi secara bawaan sudah tidak aktif. Hal ini agar tidak konflik antara layanan pipewire dengan pulseaudio.

doas rm -v /var/service/pulseaudio

Tambahkan layanan pipewire.

doas ln -s /etc/sv/pipewire /var/service/
doas ln -s /etc/sv/pipewire-pulse /var/service/

Menambahkan autostart pipewire ke sesi desktop.

mkdir -pv ~/.config/autostart/
cp -v /etc/skel/.config/autostart/PipeWire* ~/.config/autostart/

Kemudian logout atau reboot PC/laptop Anda.

Cek status pipewire.

inxi -A

Jika keluarannya seperti dibawah ini maka pipewire sudah berjalan.

PipeWire v: [versi] running: yes

Mengganti PipeWire dengan PulseAudio

Menghapus PipeWire.

doas xbps-remove -R pipewire alsa-pipewire libjack-pipewire libspa-bluetooth gstreamer1-pipewire l7-pipewire

Memasang PulseAudio.

doas xbps-install -S pulseaudio alsa-plugins-pulseaudio

Menghapus layanan pipewire.

doas rm -v /var/service/pipewire
doas rm -v /var/service/pipewire-pulse

Kemudian logout atau reboot PC/laptop Anda.

Cek status pulseaudio.

inxi -A

Jika keluarannya seperti dibawah ini maka pulseaudio berjalan tanpa pipewire.

PulseAudio v: [versi] running: yes

Scrcpy Mirroring

Scrcpy Mirroring LangitKetujuh OS

Fungsi Aplikasi

scrcpy berguna untuk melihat dan mengontrol perangkat android melalui komputer.

Cara Memasang Scrcpy

doas xbps-install android-udev-rules android-tools scrcpy

Mengaktifkan layanan ADB

Pastikan layanan adb sudah aktif. Cek dengan perintah ini:

doas vsv status adb

Apabila bewarna hijau dan telah (run) maka adb sedang berjalan. Jika belum berjalan maka aktifkan dengan perintah ini:

doas ln -s /etc/sv/adb /var/service/

Aktifkan USB Debug di Android Smartphone

Setiap perangkat Android memiliki pengaturan yang berbeda-beda tergantung mereknya. Tetapi biasanya masuk di pengaturan developer.

  • More Options
  • Developer Options
  • Aktifkan "USB Debugging"

Menjalankan scrcpy

Kemudian jalankan scrcpy melalui konsole terminal atau krunner (Alt+F2). Selesai.

Virt-Manager

Fungsi Aplikasi

virt-manager merupakan aplikasi untuk mengatur virtualisasi secara mudah dengan GUI. Teknologi virtualisasi menggunakan KVM (Kernel Vital Machine) di kernel linux.

Memasang Virt Manager

doas xbps-install virt-manager virt-manager-tools qemu

Mengaktifkan layanan virtualisasi

doas ln -s /etc/sv/libvirtd /var/service
doas ln -s /etc/sv/virtlockd /var/service
doas ln -s /etc/sv/virtlogd /var/service

Gunakan vsv untuk melihat layanan yang berjalan.

doas vsv status virt

Contoh keluarannya seperti berikut ini.

➜  ~ doas vsv status virt

   SERVICE              STATE   ENABLED   PID      COMMAND           TIME
 ✔ libvirtd             run     true      5079     libvirtd          22 seconds
 ✔ virtlockd            run     true      5217     virtlockd         16 seconds
 ✔ virtlogd             run     true      5232     virtlogd          10 seconds

Tambahkan pengguna ke grup kvm

doas gpasswd -a "$USER" libvirt
doas usermod -aG kvm "$USER"

Modprobe untuk mesin 32-bit (i686)

modprobe kvm-intel  # untuk Intel CPUs
modprobe kvm-amd    # untuk AMD CPUs

Pemasangan virt-manager sudah selesai.

Penggunaan Virt Manager

Buka "Virtual Machine Manager" di menu.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Tambahkan mesin virtual baru.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Pilih lokal install. Klik Forward untuk melanjutkan.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Hapus ceklis Automatic detect. Pilih "Voidlinux" sebagai sistem operasinya.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Klik Browse. Lalu muncul dialog untuk membuat virtual disk. Klik Browse Local. Pilih ISO yang dikehendaki.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Klik Forward untuk melanjutkan.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Jika ada peringatan akses alamat permission seperti ini. Pilih Yes saja.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Isikan memori yang dikehendaki, misalnya 2000 Mib (2Gib). Isikan jumlah CPU yang tersedia, misalnya 2 CPU. Klik Forward untuk melanjutkan.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Isikan jumlah penyimpanan mesin virtual. Misalnya 30 GiB. Klik Forward untuk melanjutkan.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Berikan nama mesin virtualnya. langitketujuh sebagai contoh. Klik Finish untuk melanjutkan.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Proses booting sedang berjalan hingga masuk ke desktop mesin virtual. Selesai.

Virt Manager LangitKetujuh OS

Dikarenakan virt-manager menggunakan KVM di kernel linux, maka proses layanan cenderung lebih ringan dari pada mesin virtual lainnya.

WineHQ Penggerak Aplikasi Windows

Deskripsi

WineHQ adalah lapisan kompatibilitas yang mampu menjalankan aplikasi Windows pada beberapa sistem operasi yang sesuai dengan POSIX, seperti Linux, macOS, & BSD. Cara kerjanya yaitu dengan mensimulasikan logika Windows internal seperti mesin virtual atau emulator, Wine menerjemahkan panggilan API Windows ke panggilan POSIX saat itu juga, menghilangkan penalti kinerja dan memori dari metode lain dan memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan aplikasi Windows ke desktop dengan rapi.

Memasang repositori multilib

Sebelum memasang WineHQ pastikan sudah memasang paket void-repo-multilib. Untuk arsitektur x86_64-musl dan i686 tidak perlu dilakukan.

doas xbps-install -S void-repo-multilib

Memasang WineHQ

Cara termudahnya dengan memasang meta paket WineHQ yang sudah disediakan.

doas xbps-install -S l7-pkg-wine

Tunggu sampai proses selesai.

Permasalahan

Pada bagian ini akan menjelaskan berbagai permasalahan dan cara mengatasinya.

Audio Tidak Terdeteksi

Gunakan pipewire server

Saat ini LangitKetujuh OS telah menggunakan Pipewire sebagai server audio, jika sebelumnya menggunakan pulseaudio maka ikuti panduan pemasangan pipewire di halaman ini.

Nonaktifkan snd-aloop modul

Periksa modul snd-aloop aktif atau tidaknya.

cat /etc/modules-load.d/snd-aloop.conf

Jika hasilnya kosong atau #snd-aloop dengan tanda pagar maka modulnya sudah tidak aktif, tetapi jika keluarannya snd-aloop maka modulnya aktif. Untuk menonaktifkannya jalankan perintah dibawah ini.

echo "#snd-aloop" | doas tee /etc/modules-load.d/snd-aloop.conf

Kemudian reboot agar terjadi perubahannya.

Mengatasi gagal login ketika selesai memasang OS

Penyebab gagal login

Terkadang setelah memasang LangitKetujuh OS Anda tidak bisa login dengan pengguna yang telah dibuat. Hal ini disebabkan karena sebelumnya mengalami error ketika selesai memasang sistem operasi, lalu belum di reboot (restart). Jadi, setelah gagal memasang sistem operasi diharuskan untuk direboot.

Reboot ini bertujuan untuk menyegarkan pengaturan file sementara installer-nya. Jika Anda mengalami kegagalan ketika memasang sistem operasi dan melanjutkan pemasangan OS, kemungkinan besar akan gagal login.

Intinya, satu kali memasang sistem operasi harus berhasil agar dapat membuat pengguna baru. Jika proses pemasangan tidak berhasil, maka harus di reboot liveusb-nya.

Jika sudah terlanjur memasang sistem operasi tetapi gagal login, maka Anda diharuskan mengikuti panduan dibawah ini.

Masuk ke mode TTY

Pastikan Anda masih ingat kata sandi root nya. Ini penting, karena akan masuk ke dalam pengguna root. Ketika dalam tampilan login manager masuk ke mode tty. Misalnya menggunakan TTY2 (mulai dari 2-6).

Tekan Ctrl+Alt+F2 untuk masuk ke mode TTY2. Jika Anda menggunakan vendor Lenovo, biasanya menambahkan tombol kombinasi Fn+.

Username: root
Password: (kata sandi yang sudah dibuat ketika memasang os)

Pada Username: isikan root.

Password, isikan kata sandi yang telah dibuat ketika memasang sebelumnya. Ingat, mengisi sandi ini tidak ditampilkan sehingga wajar akan tampak kosong, padahal sebenarnya sudah terketik.

Jika sudah masuk root dengan TTY maka akan terlihat tanda pagar #.

Membuat pengguna baru

Setelah berhasil masuk ke root, maka buatlah pengguna baru dengan cara:

l7-tools --user
  • User name: masukkan nama pengguna tanpa spasi, misalnya myusuf.
  • Full name: masukkan nama lengkap pengguna, misalnya Muhammad Yusuf.
  • As Administrator: jika akun baru sebagai administrator, ketik y.
  • Continue create user: ketik y untuk melanjutkan membuat akun pengguna baru.

Mengatasi dengan chroot

Pengertian chroot

chroot merupakan perkakas linux untuk memodifikasi direktori root atau sistem. Melakukan pengendalian dan masuk kedalam sistem root. Sesuai namanya chroot yaitu change root untuk merubah direktori root dari partisi tertentu.

Contoh kasus, ketika PC Anda tidak bisa masuk ke grafis display manager atau tidak bisa login. Solusinya dengan chroot melalui LiveUSB, dengan chroot liveusb ini maka pengguna dapat memodifikasi sistem PC/laptop yang tidak bisa login tersebut.

Persiapan chroot

Sebelum melakukan chroot anda harus menyiapkan sistem operasi LangitKetujuh lain yang sudah terpasang atau menggunakan bootable liveusb. Anda bisa merujuk tautan ini untuk membuat bootable.

Mode chroot

Setelah masuk ke liveusb, pastikan sudah memasang l7-tools versi terbaru 1.18.10+. Jika belum terbaru jalankan perintah ini.

doas xbps-install -Sy l7-tools

Kemudian jalankan chroot.

doas l7-tools --chroot
  • Root partition: pilih partisi root, misalnya sda2.
  • Boot mode uefi: ketik y jika menggunakan uefi, ketik n jika menggunakan legacy.
  • Separate boot bios partition: ketik y jika partisi boot terpisah, ketik n jika gabung dengan root.
  • Boot efi/bios partition: pilih partisi boot efi atau bios yang terpisah, misalnya sda1.

Secara otomatis akan masuk ke mode chroot. Kemudian Anda dapat memodifikasi sistem PC/laptop tersebut seperti mengatasi grub hilang.

Mengatasi Grub Hilang

Pastikan Anda masih di mode chroot. Langkah-langkahnya ada di panduan sebelumnya.

Memasang grub

Setelah masuk ke chroot, pastikan l7-tools di liveusb sudah menggunakan versi terbaru 1.18.10+. Jika belum terbaru jalankan perintah ini.

doas xbps-install -Sy l7-tools

Kemudian jalankan l7-tools.

l7-tools --grub
  • Boot mode uefi: ketik y jika menggunakan uefi, ketik n jika menggunakan legacy.
  • Khusus legacy diharuskan memilih bootloader, misalnya sda.
  • Continue install grub:, ketik y untuk melanjutkan.

Secara otomatis grub akan terpasang sesuai bootmode yang digunakan.

Masalah Umum XBPS

Transaction breaks

Jika Anda ketika memasang aplikasi (get aplikasi) dan menemui error in transaction breaks installed pkgs ....

Solusinya dengan memperbarui sistem Update System yang ada di menu. Atau dengan menjalankan:

doas l7-tools --update

ERROR: bluez

Jika Anda ketika memperbarui sistem mendapatkan pemberitahuan ERROR: bluez ... '/etc/sv/bluetoothd/log/supervise': Directory not empty.

Solusinya dengan menjalankan:

doas rm -rf /etc/sv/bluetoothd/log/supervise

Tujuannya untuk mengosongkan kembali log supervise bluetoothd yang lama.

Unresolvable shlib

Jika ada pemberitahuan yang mirip seperti ini xxxxxxx-x.x_1: broken, unresolvable shlib 'xxxxxx.so.x'.

Solusinya dengan memperbarui sistem Update System yang ada di menu. Atau dengan menjalankan:

doas l7-tools --update

Para Pendukung 🚀

Aldhi Mandiri (Solusi Media Digital), Setia Budi (Indonesia Belajar), Adi Setiawan, Bara Panular Tantra, Hendra Abu Zaid (Abu Zaid Tutorial), Endi Suwandi (Bisa Website), Abdul Jalil, Abinya Sufyan, Abu Aqeelah, Acep Rahmat, Adam Rizky Pratama, Adam Rizky Pratama, Ade Deri, Adi, Adillah Ambre, Aditiya, Admaja, Agung Bahtiar, Agus Haryanto Catur Prayitno, Ahmad Khoufa Ma'Ashi, Ahmad Yoga, Akip Ridwan, Alfan Zulkarnain, Amir Nuyman Setyadiredja, Amirudin, Andhika, Andhika Kresna Murti, Andika Irfan, Andrian, Andy Hidayat, Angga Saputra, Annisa Aulia Rasyidah, Ansori, Anton Prafanto, Apriandhy Fauzi Kahar, Aqlan Fadhil, Ariful Sukron, Aris, Asep Kamaludin, Asep Koharudin, Asmuni Kimbar, Awal Syarman, Azis Haditama, Bagas Cakti Rahmandita, Bairy Tri Saputra Pamungkas, Bayu Anggoro, Bayu Tri Susilo, Bilal Barnabas, Bima Mulyanto, Budi Suzaldi, Chairuddinsyah Harahap, Dadan Mulyana, Darussalam, Dea Fatikasari, Dede Amung, Dekry Abu Aqeelah, Devrian Anwar, Dian Lentera Buana, Dias Fahmi, Dimas Bagus Nirwandhani, Dimas Nirwan, Dudy Herdiana, Edwin Hikmaturrahman, Edy Daryapto, Eka Panji Kusuma, Eko Purwanto, Eman Sulaeman, Ermin Dwi Alita, Esya Firman F, Fahmi8902, Faisal Rosady, Fajar Sidik, Fernanda Rizky Sanjaya, Fitriadi, Fitriannor, Fridu Suhendra, Fristiant Nova Anggara, Fujianto, Gelar Winayawidhi Suganda, Grnx Edger, Habib Abdurrasyid, Hadiid Pratama, Haidar Latief Alfarizy, Hamba Allah, Hamsan Newbie, Hanifan Azka, Hartono Wijaya, Hasan Sidik U, Hasdin Adi Saputra, Hendra, Heriyanto, Hermawan, Herru Pratomo, Heru Santoso, Huda, Husni Mp, Ifqy Gifha Azhar, Ihsan Syauqi Adn, Ilham Ibrahim, Imam Abu Salma, Imam Sibaweh, Imam Subechi, Imar Graphic, Iqbal Nahaqga Ali Hamdi, Irhamdy A. Patty, Irkham Nazmi Novian, Iwan Siswanto, Jauzaa Wahyu P, Jimmy Gunawan, Jumaludin Salam, Khairil Alkudus, Khairul Arief Rahman, Kresna Kusuma Negara, Linuxscoop, M. Iqbal Bustam, M. Naufal Pikri, Makhsus, Maryan Chandra Wibowo, Mifta Nur Farid, Moh. Yanuar Ramadhan, Mohammad Qowaidul Umam, Mohammad Rizki Aiman, Moja Mojafat, Monsky, Mr. Smith, Muhamad Helmi, Muhamad Nur Halim, Muhamad Rizki Ramadan, Muhamad Solichin, Muhammad Abdul Ghofur, Muhammad Al Furqon, Muhammad Arif Hidayat, Muhammad Farid H, Muhammad Firqi Arianto, Muhammad Ilham Pradanto, Muhammad Nurramadhan, Muhammad Rahmat Ramadhan, Muhammad Zainul Arofi, Mulyaddin, Muminin Ameer, Muslim Designer Charity, Mustafa, Mustajib Thohuri, Mutawafaq Haerunnazillah, Nadz Ndya, Najmudin, Nanang Setyawan, Nanda Tritona, Nawafi Suren, Ncus Rock, Nur Mansyah S, Nurfan Eka Saputra, Nurul Efendi, Oky Tjahjawiguna, Pratama, Prawita Mepilianti, Rahmad Arifin, Rakha Ash Shadiq, Reska Anita Putri, Ridwan Ginanjar, Rikki, Rikki Ahmad Ibrahim, Riko Dwi Komara, Riky Arya Pratama Nugraha, Risfan Yani, Risnandar H. Sahido, Risqon Anjahiranda Adiputra, Rizki0404, Rizky Arsyansyah Rinjani, Robby Hermawan, Rohmana, Saelani, Sakti Nurrahman, Shahrizan, Sidiq Adi Nugroho, Sigit Dwi Pamungkas, Siti Nurmala. S, Siti Roudlotul Jannah, Slamet Supriyanto, Sofyan Rofiq, Soni Wasis, Sri Rahmayuni, Sugeng Mulyono, Sugiman, Suhardi, Suyono, Syaikhoni, Syamsur Ramdhan Firdaus, T. Fauzan, Teguh Prihatin, Teguh Ryt12, Tohir, Tukiyo, Tun Rahmat Reformasi, Wahyudin Sitorus, Walfarid Hermawan Limbong, Wanto Nugroho, Wardatul Jannah, Wawan Kustiawan, Whito, Wildana Lathif Mahmudi, Yahya Sofyan, Yogi, Yogi Tri Widodo, Yudi Pratama, Yunus Ahmad, Yusuf Almalik Saputra, Md, Yusuf Isna Hanif, Zainal, Zakki Mubarak, Zulkarnain Alfan.

Para Tim ✨

Mau bergabung?

Persyaratan penting sebagai tim antara lain:

  • Sabar.
  • Sabar.
  • Sabar.
  • Ramah.
  • Beradab.
  • Murah Senyum.
  • Sholat tepat waktu.
  • Jujur, bertanggung jawab, amanah dan handal dibidangnya.
  • Bersedia menggunakan Langitketujuh OS Profesional (tentunya kami beri akses gratis).
  • Suka menulis dan bersedia membuat tips dan trik secara tertulis.
  • Bersedia memberikan evaluasi.

Keuntungan apa menjadi tim?

  • Belajar banyak hal baru.
  • Tim yang transparan dan solid. InsyaAllah.
  • Mendapat buku gratis dari program buku setiap bulan.
  • Ikut menyalurkan bantuan 20% ke Yatim Gaza.

Jika sudah sesuai klasifikasi diatas maka silakan bergabung sesuai bisang yang Anda inginkan.

Konten kreator dan Ilustrator (005)

  • Memahami desain grafis dengan perangkat lunak bebas.
  • Membuat Konten edukasi dan kreatif untuk sosial media.
  • Memahami jenis perangkat lunak bebas dan tidak bebas (propietary).

Dukungan layanan (006)

  • Memahami dasar Bash shell.
  • Memahami dasar Fish shell.
  • Memahami tmux dan tmate.
  • Memahami mbr dan gpt.
  • Memahami legacy dan UEFI.
  • Memahami pemartisian dan jenis file system.
  • Memahami desain grafis dengan perangkat lunak bebas.
  • Memahami sistem dan pengaturan KDE plasma.
  • Memahami jenis perangkat lunak bebas dan tidak bebas (propietary).

Skripter dan Devops (007)

  • Memahami dasar Bash shell.
  • Memahami dasar Fish shell.
  • Memahami dasar Markdown.
  • Memahami Git dan Gitlab.
  • Memahami CI/CD Netlify.
  • Memahami jenis perangkat lunak bebas dan tidak bebas (propietary).
  • Mengelola dan membantu menjahit kode sumber repositori LangitKetujuh.
  • Dapat membuat paket aplikasi xbps.

Kirim

Bagikan attachment CV Anda ke surel langitketujuh.id@pm.me dengan Subject "NAMA - Bidang - Kode". Barakallahu fiikum.