Perkenalan

Motivasi

Amar ma’ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Menggunakan perangkat lunak yang tidak bebas yang sebagian besar mahal dan berat, alangkah baiknya niatan untuk menggunakan, membeli atau berlangganan perangkat lunak tersebut ditunda atau dibatalkan. Sebab lebih baik untuk ditabung atau disedekahkan kepada yang lebih membutuhkan. Tetapi itu kembali kepada kebutuhan pribadi masing-masing.

Sebagian besar perangkat lunak editing yang dibawa oleh Distribusi LangitKetujuh adalah 100% bebas. Sehingga Anda tidak perlu berlangganan atau membeli perangkat lunak yang tidak bebas atau yang kita kenal dengan istilah proprietary.

Nama Distribusi

Nama LangitKetujuh diambil dari peristiwa Isra’ Miraj. Perjalanan Rosulullah dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha. Mi’raj dari langit pertama sampai langit ketujuh, hingga ke Sidratul Muntaha yaitu tempat tertinggi di langit yang menjadi batas ujung pengetahuan dan amal aktifitas para makhluk.

Alasan kedua, nama LangitKetujuh ini dipilih karena jarang ada projek perangkat lunak yang menggunakan nama tempat yang islami dan istimewa. Sehingga tim pengembang (developer) bertambah yakin dengan nama "LangitKetujuh" adalah nama yang tepat dan memiliki keistimewaan. Sistem operasi ini bisa juga disebut dengan "L7" yaitu singkatan dari LangitKetujuh.

Visi dan Misi

Visi

  • Menjadi Distribusi GNU/linux yang dapat memenuhi kebutuhan generasi kreatif dengan perangkat lunak yang bebas, berkah dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Misi

  • Membangun sinergi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan islam dalam mewujudkan generasi yang berakhlaq mulia dan modern.
  • Membentuk media berbasis perangkat lunak terbuka guna melatih generasi muda dibidang industri kreatif.

Untuk siapa saja

Distribusi LangitKetujuh pada dasarnya ditujukan untuk perorangan atau lembaga yang bergerak dalam bidang desain grafis. Baik pengajar, mahasiswa, pekerja kreatif (freelancer) dan yang sedang belajar desain grafis. Meskipun demikian, LangitKetujuh OS terdapat versi lite yang dapat digunakan untuk kebutuhan umum dan tidak spesifik ke bidang desain grafis saja. Seperti programmer, akuntan, dan bahkan untuk pendidikan dasar.

KDE Plasma

Berbagai aplikasi desain kebanyakan menggunakan QT framework. Seperti krita, kdenlive, scribus, fontforge, synfigstudio, opentoonz, dan masih banyak lagi. Namun beberapa aplikasi desain gtk juga sudah dimasukkan seperti Inkscape dan GIMP. Terlebih lagi tampilan antarmuka KDE Plasma lebih familiar oleh pengguna yang baru mengenal distribusi linux.